5 Faktor Pentingnya Strategi “Integrated Marketing Communications”

Dalam istilah yang paling sederhana, integrated marketing communication (IMC) atau komunikasi pemasaran terpadu adalah strategi bagaimana bisnis Anda mengomunikasikan pesan di semua saluran pemasaran.

Banyak marketer mengabaikan strategi ini. Sehingga, pesan komunikasi yang disampaikan sering berupa pesan yang tidak konsisten dan tidak terorganisir yang tidak menciptakan pengalaman apa pun bagi konsumen.

Untuk itu, berikut lima alasan mengapa marketer memerlukan strategi integrated marketing communications.

Pertama, untuk menyampaikan pesan yang konsisten. Jika strategi IMC Anda hanya bisa menyampaikan satu pesan di semua saluran dengan konsisten, hal tersebut akan tetap dinilai berhasil. Mengapa? Karena, begitu pesan bisnis Anda menjadi buram, tidak fokus, atau tidak konsisten, saat itu sebenarnya Anda mulai kehilangan konsumen. Pentingnya menyampaikan satu pesan secara konsisten, tidak boleh dilebih-lebihkan.

Kedua, untuk membangun pencitraan merek. Bukan hanya pesan Anda yang akan selalu sama, tetapi unsur-unsur merek Anda juga akan ikut terbentuk dengan lebih 'mulus'. Ketika ciri khas, logo, header, konten, dan suara bekerja dengan baik bersama-sama, Anda dapat memaksimalkan pencapaian merek Anda.

Ketiga, untuk menghemat bujet. Strategi yang 'diminyaki' dengan baik akan menghemat bujet bisnis marketer di sejumlah bidang. Tentu saja, memiliki satu pesan dapat memudahkan Anda menghemat sumber daya dan mengurangi pemborosan.

Anda tidak boleh membuat atau memodifikasi pesan Anda setiap kali Anda berkomunikasi dengan pelanggan. Kurangi waktu yang dihabiskan untuk proses membuat sesuatu, dan sebagai gantinya, maksimalkan anggaran pemasaran Anda dengan bersirkulasi.

Keempat, untuk menciptakan pengalaman pelanggan. Di dunia digital, konsumen tidak hanya mencari produk atau layanan favorit baru mereka berikutnya. Pelanggan menginginkan pengalaman yang benar-benar sesuai dengan keinginan mereka. Dengan kata lain, pelanggan Anda mungkin tidak menginginkan kampanye iklan surat atau TV secara langsung.

Melalui strategi IMC, pelanggan ikut membantu menentukan bagaimana pesan bisnis Anda tersampaikan, sehingga menghasilkan hasil yang lebih baik bagi perusahaan Anda.

Kelima, untuk fokus pada hasil. Strategi IMC tidak hanya memperkuat pesan yang sama di benak konsumen Anda, tetapi juga menjaga pesan dan tujuan yang jelas dalam organisasi Anda sendiri.

Ketika semua pihak bekerja dalam sinkronisasi yang sama, saat itulah Anda dapat membuat kampanye yang benar-benar berdampak. Semakin baik Anda dapat mengomunikasikan pesan yang sama secara eksternal dan internal, semakin besar laba yang akan diperoleh atas investasi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)