5 Karakteristik Pengguna TikTok di Indonesia

Memasuki dua tahun keberadaannya di Indonesia, TikTok sukses mencatatkan sederet prestasi. Di antaranya, dalam beberapa minggu terakhir, TikTok berhasil menjadi aplikasi hiburan nomor 1 di App Store di Indonesia. Bahkan, 2018 lalu, TikTok menerima penghargaan dari Google Play sebagai "Aplikasi Paling Menghibur" dan "Aplikasi Terbaik".

Baru-baru ini, TikTok merilis enam fakta yang biasa dilakukan pengguna di Indonesia pada platform TikTok. Sejatinya, fakta tersebut dapat dijadikan insight bagi para pemasar yang ingin memanfaatkan TikTok sebagai kanal komunikasi brand mereka.

Fakta pertama, saat menggunakan TikTok, pengguna di Indonesia menghabiskan rata-rata 29 menit untuk tidak hanya menonton, tetapi juga menciptakan, menemukan, berbagi video di platform tersebut. Artinya, pengguna di Indonesia bisa menonton lebih dari 100 video per hari.

Fakta kedua, pengguna di Indonesia menyukai video makanan, fashion, dan komedi di TikTok, kendati sebenarnya TikTok menawarkan beragam jenis konten. Dan, semakin sering pengguna menonton konten kesukaannya, akan ada lebih banyak rekomendasi yang sudah dipersonalisasikan.

Fakta ketiga, video yang disukai pengguna TikTok Indonesia adalah yang menawarkan beragam konten. Terbukti, dalam dua tahun terakhir ini, video terpopular di TikTok Indonesia adalah tentang cara membuat Risoles dari Yackikuka, yang menjadi terkenal dengan lebih dari 750.000 likes. Sementara video yang dibuat oleh seorang penata makeup bernama Anna Queen yang sedang menunjukkan makeup salah satu pelanggannya, meraih lebih dari 900.000 likes.

Fakta keempat, orang Indonesia tidak hanya suka mengikuti tantangan, tapi juga gemar menonton video tantangan tersebut. Tantangan #EkspresiMerdeka yang bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga misalnya, berhasil mendapatkan 64,9 juta view. Sedangnkan #ColorfulMedan yang berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Kota Medan sukses meraih 24,3 juta view.

Fakta kelima, orang Indonesia menyukai filter TikTok. Meskipun ada beberapa orang yang merasa menua itu mengerikan, pengguna di Indonesia sangat penasaran melihat diri mereka 10-20 tahun kemudian, seperti yang terbukti di filter "grown old" yang menjadi filter paling digemari oleh pengguna TikTok di Indonesia. Selain filter menarik ini, filter lainnya yang paling banyak digunakan pengguna di Indonesia adalah "flower ring" yang menjadikan wajah pengguna lebih cantik, dan bisa menambahkan hiasan bunga di kepalanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)