MIX.co.id - Hadir di Indonesia sejak Juli 1969, saat ini Grup Ajinomoto Indonesia terdiri dari tiga perusahaan, yakni PT Ajinomoto Indonesia, PT Ajinomoto Sales Indonesia, dan PT Ajinex International. Telah hadir selama 55 tahun, Ajinomoto juga terus berinovasi dengan menghadirkan berbagai lini produk, baik untuk memenuhi kebutuhan konsumen maupun industri kuliner di Indonesia.
Didukung oleh lebih dari 3.500 tenaga ahli dan berpengalaman yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, Grup Ajinomoto Indonesia telah membantu masyarakat menciptakan makanan yang lezat dan bergizi sehingga dapat mendukung penerapan gaya hidup sehat.
“Grup Ajinomoto Indonesia yang tergabung sebagai perusahaan afiliasi dari Ajinomoto Global Grup (Ajinomoto Co., Inc) yang bermarkas di Jepang, berpegang pada nilai Ajinomoto Shared Value (ASV) yang berfokus pada pilar kesehatan, kesejahteraan, sumber daya pangan, dan keberlanjutan global. Lewat slogan global 'Ajinomoto Eat Well, Live Well', Ajinomoto memiliki tujuan untuk terus berupaya memberikan kontribusi besar dalam memperpanjang harapan hidup sehat masyarakat Indonesia, sekaligus melangkah ke arah bisnis berkelanjutan yang ramah lingkungan. Guna mencapai tujuan tersebut, Ajinomoto Indonesia mentransformasikan seluruh karyawannya menjadi Health Provider. Health Provider merupakan inisiatif keberlanjutan terintegrasi dari Grup Ajinomoto Indonesia, meliputi aktivitas yang menunjang kesehatan bagi manusia dan kelestarian lingkungan," papar Naoto Minemura, Presiden Direktur PT Ajinomoto Indonesia.
Lebih jauh ia menjelaskan, 55 tahun menemani keluarga Indonesia, Ajinomoto selalu berkomitmen menghadirkan produk yang berkualitas dan terjamin halal. Hal ini dibuktikan dengan prestasi Ajinomoto dalam mendapatkan sertifikat halal yang dikeluarkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dan LPPOM, serta terus menerapkan Sistem Jaminan Halal (SJH) di semua pabriknya. Ajinomoto juga berhasil mempertahankan sertifikat SJH yang diterbitkan oleh LPPOM.
Komitmen Ajinomoto dalam mempertahankan kehalalan produk diapreasiasi oleh beberapa pihak melalui beberapa penghargaan halal dari beberapa instansi yang berwenang, seperti penghargaan TOP Halal Award (Masako®) dari IHATEC (2022); Favorit Halal Brand (Masako®) dari LPPOM (2023); TOP Halal Award (Brand Masako® & SAORI®) dari IHATEC (2023).
"Prestasi tersebut sangat berarti bagi kemajuan Manajemen Halal Ajinomoto dan memberikan motivasi serta kebanggaan bagi perusahaan untuk terus memenuhi kebutuhan serta harapan masyarakat sebagai prioritas utama," lanjutnya.
Inisiatif Ajinomoto untuk Perpanjang Harapan Hidup Sehat
Bagi Ajinomoto, asupan gizi yang baik merupakan modal penting bagi pertumbuhan generasi masa depan. Anak Indonesia membutuhkan gizi yang lengkap dan seimbang untuk tumbuh kembang mental serta fisik. Dengan demikian, Indonesia dapat tumbuh menjadi bangsa yang kuat.
School Lunch Program (SLP) menjadi salah satu inisiasi Ajinomoto dalam memperbaiki asupan gizi untuk mencegah masalah malnutrisi pada anak usia sekolah. "Kami berkolaborasi dengan Institut Pertanian Bogor (IPB), dan menjalankan program SLP yang kami laksanakan di beberapa pesantren," ucapnya.
SLP sudah dijalankan sejak tahun 2018. Melalui program tersebut, didapatkan hasil yang positif dengan adanya penurunan angka anemia santri sebesar 20%, peningkatan asupan gizi 20%, peningkatan pengetahuan gizi sebesar 50%.
"Tidak berhenti di sana, kami juga bekerja sama dengan Dept Gizi Masyarakat IPB dan Kementerian Agama RI untuk menghadirkan buku panduan SLP yang berisikan edukasi gizi, tips pelaksanaan program, dan berbagai aplikasi menu lezat bergizi seimbang, yang mudah diterapkan untuk bekal menjalankan lanjutan program ke depan," paparnya.
Tidak hanya peduli anak-anak usia sekolah, Ajinomoto Indonesia...