56% Orang Indonesia Berencana Bepergian ke Luar Negeri

MIX.co.id – Minat orang Indonesia bepergian ke luar negeri cukup tinggi. Terbukti dari hasil suvei GrabAds bahwa 56% pengguna Grab di Indonesia berencana untuk bepergian ke luar negeri dengan 81% di antaranya berencana untuk melakukan setidaknya dua kali perjalanan dalam setahun mendatang.

GrabAds, platform periklanan dari Grab, juga mengungkapkan bahwa 72% pengguna Grab di Asia Tenggara berencana untuk bepergian ke luar negeri setidaknya sekali dalam 12 bulan mendatang.

Fakta tersebut mencuat dalam laporan hasil survei terbaru GrabAds bertajuk SEA Travel Insights 2023.

Laporan mengungkap pula bahwa tiga destinasi luar negeri yang paling memikat hati masyarakat Indonesia adalah Arab Saudi, Jepang, dan Korea Selatan. Di samping itu, Singapura, Thailand, dan Malaysia menjadi tiga negara di Asia Tenggara yang paling diminati.

Di tahun 2023, orang-orang lebih memilih untuk bepergian bersama keluarga. Sekitar 86% pengguna di Asia Tenggara merencanakan setidaknya satu perjalanan bersama keluarga atau kelompok. Di Indonesia, 71% lebih suka perjalanan bersama keluarga, 42% bersama pasangan, dan 25% berencana bepergian bersama teman.

Terkait dengan schedule bepergian, 64% responden di Asia Tenggara mulai merencanakan agenda perjalanan setidaknya satu bulan sebelumnya untuk perjalanan jarak jauh (6 hingga 16 jam). Sekitar 52% orang Indonesia mengatakan bahwa anggaran mereka sudah ditetapkan beberapa minggu sebelum mereka berangkat ke luar negeri.

Data GrabAds menunjukkan lonjakan besar hingga 84% dalam minat bepergian internasional dibandingkan tahun sebelumnya.

Dikutip dari Customer Intelligence Report 2023, 9 dari 10 konsumen Asia Tenggara lebih suka berbelanja jika brand menawarkan program loyalitas. Namun, 78% dari penduduk Asia Tenggara belum terdaftar dalam program loyalitas hotel mana pun.

Hal ini adalah kesempatan besar untuk mengedukasi calon traveler tentang program loyalitas hotel dan manfaat terkait, mungkin melalui strategi gamifikasi atau kampanye reward dengan daya tarik yang luas dan mekanisme penukaran yang mudah.

“Melalui data hyperlocal yang didapat dari dari jutaan konsumen Grab dan termasuk di dalamnya data pelancong di Asia Tenggara, brand dan pengiklan dapat membangun hubungan yang mendalam dan jangka panjang dengan konsumen, mulai dari tahap pertimbangan, perencanaan, pemesanan, hingga akhirnya melakukan perjalanan," ungkap Melinda Savitri, Country Marketing Head Grab Indonesia dalam keterangan pers, Senin (25/9), di Jakara. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)