6 Kunci Membangun Visibilitas Online Merek di 2019

Menurut data eMarketer, 84% profesional pemasaran memiliki atau berencana untuk meluncurkan kampanye pemasaran influencer dengan prosentase keberhasilan sampai 81%. Sementara, Social Media Today melaporkan bahwa Instagram adalah pilihan teratas untuk merek bisa terlibat dengan audiens, lalu menyusul Facebook, Snapchat, Twitter, YouTube, dan Pinterest.

6 Kunci Membangun Visibilitas Online Merek di 2019

Laporan Social Media Today.

Ada banyak cara untuk membangun eksistensi online yang kuat. Social media, video, dan konten blog hanyalah sebagian kecil dari 'kue' branding. Jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Pinterest, YouTube, dan Instagram adalah platform terkuat untuk terhubung dengan para pemimpin di industri Anda. Berikut enam kunci untuk sukses membangun visibilitas online merek/produk Anda.

Pertama, pemasaran visual sangat efektif lewat Instagram. Karena sifat instan jaringan sosial ini, lebih mudah untuk terhubung dengan para pemimpin industri berdasarkan hashtag atau melalui posting-an teratas mereka. Sangat mudah untuk menemukan posting-an yang sedang tren yang sesuai dengan kelompok niche Anda di mana Anda dapat ‘like’ dan menambahkan komentar yang bijaksana. Semakin orisinil konten merek Anda, semakin besar pula kemungkinan mendapat perhatian dari audiens dengan menggunakan tagar yang tepat.

Kedua, Facebook masih dapat digunakan untuk visibilitas organik. Salah satu cara terbaik untuk terhubung dengan orang lain dan untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa yang audiens Anda harapkan dari Facebook adalah dengan terlibat dalam kelompok yang relevan. Kunci keberhasilannya adalah fokus pada mereka yang memiliki keanggotaan besar dan aktif dengan tingkat keterlibatan yang tinggi.

Ketiga, fitur Twitter Advanced Search dan percakapan. Gunakan fitur tidak berbayar ini untuk menemukan influencer baru, dan untuk mengikuti tagar lain yang disebut oleh pengikut niche Anda dan pemilik merek lain. Percakapan live chat masih merupakan cara terbaik untuk membangun ketertarikan audiens dan untuk menarik mereka melihat langsung profil Anda. Mulailah dengan bergabung dalam topik tertentu, dan kemudian tambahkan koneksi baru ke dalam daftar yang Anda buat. Saat pengikut Anda berkembang, Anda akan dapat meluncurkan tagar Anda sendiri, yang membantu membangun kredibilitas dan pengaruh merek Anda.

Keempat, laman perusahaan dan grup di LinkedIn. Dalam beberapa bulan terakhir, platform jejaring yang dimiliki Microsoft ini telah melakukan beberapa update. Termasuk laman perusahaan dan grup, yang merupakan dua alat canggih yang dapat digunakan dalam bisnis Anda untuk memengaruhi influencer tertentu, cari tahu dengan siapa mereka terhubung, dan untuk membangun komunitas pengikut Anda sendiri. Penting juga untuk memasukkan informasi bermanfaat untuk menghasilkan lebih banyak ketertarikan, seperti video, tips, pertanyaan, dan sebagainya.

Kelima, mulailah mengunggah video ke YouTube. Karena Google Plus akan dihapus selama beberapa bulan ke depan, Anda dapat mengalihkan fokus strategi Anda ke pemasaran video dengan menggunakan YouTube. Saat ini, YouTube adalah jaringan sosial dan mesin pencari teratas untuk menemukan konten terbaik dari merek atau individu paling populer di niche Anda. Dengan memiliki saluran YouTube Anda sendiri, Anda juga dapat melakukan lintas promosi video Anda dan menggandakan visibilitas Anda di platform lain, termasuk blog.

Keenam, gunakan Pinterest sebagai pembangun lalu lintas situs web dan alat pencitraan merek Anda. Saat ini, banyak orang menggunakan situs web untuk mencari dan mengikuti tagar yang menyertakan niche keyword. Jika Anda ingin membangun pin Anda sendiri, lakukan riset dan cari kategori yang memiliki banyak keterlibatan dan repins. Perhatikan topik trending terbaru di bilah pencarian, karena terutama ini dapat berubah setiap musim.

Saat membangun merek, penting untuk mengukur kemajuan merek Anda dan bagaimana orang lain meresponnya secara online. Dengan informasi ini, Anda dapat mengetahui cara menjangkau komunitas Anda dengan lebih baik dan terhubung dengan mereka di level mereka.

Terhubung dengan influencer yang tepat juga membuka pintu peluang baru, misalnya seperti menjadi tamu di live video, webinar, atau podcast. Ini juga merupakan cara yang baik untuk menarik pengikut yang lebih besar secara online, terutama jika mereka merekomendasikan merek Anda. Konsumen mengandalkan rekomendasi tepercaya dari rekan dan merek yang mereka gunakan, bukan lagi dari iklan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)