Menurut survei Mckinsey & Company, “Understanding ASEAN: Seven things you need to know” (Mei 2014), pengguna telepon genggam di seluruh dunia mencapai 5 miliar, atau dua setengah kali lebih banyak dibandingkan pemilik akun rekening bank. Perilaku konsumen di wilayah ASEAN pun semakin mengarah ke aktivitas online, dengan penetrasi mobile 110% dan penetrasi Internet 25%. Hal ini menjadikan kawasan ini sebagai komunitas kedua terbesar pengguna Facebook, setelah Amerika Serikat.
Citi Indonesia Facebook Launch.
Sementara, berdasarkan data Kemenkominfo, pengguna Internet di Indonesia merupakan keenam tertinggi di dunia, dan keempat tertinggi di Asia, dimana 85% akses ke jaringan Internet dilakukan melalui telepon genggam. Indonesia merupakan pasar keempat terbesar bagi Facebook, dengan komposisi pria lebih banyak dibanding perempuan, kecuali di rentang usia milenials 18-24 tahun, dimana komposisi perempuan 51% dan pria 49%.
Melihat peluang tersebut, akhir Juli 2016 ini, Citi Indonesia secara resmi meluncurkan Citi Indonesia Facebook sebagai bagian dari strategi digital perbankan yang diusung secara global. Hal ini merupakan komitmen Citi untuk semakin engage dengan nasabahnya melalui social media platform. Melalui Citi Indonesia Facebook, nasabah dapat mengakses pendidikan literasi keuangan dan market outlook melalui fitur live chat, short video discussion, dan video sharing.
Dikatakan Batara Sianturi, CEO Citi Indonesia, “Kehadiran Citi Indonesia Facebook diharapkan dapat membantu nasabah dalam meningkatkan pengetahuan mengenai literasi keuangan dan melakukan aktivitas perbankan melalui social media dengan mengedepankan lima pilar utama yang tersedia di halaman Facebook kami.”
Kehadiran Citi Indonesia Facebook merupakan upaya Citi untuk dapat berinteraksi dan menjangkau para pengguna jejaring sosial, dengan mengedepankan lima pilar utama, yaitu Progress Makers, Citi Understand You, Drive Engagement, We Are Global yet So Close, dan Your Ticket to Banking Experience.
Lebih lanjut Batara menyimpulkan, “Mobile banking telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari gaya hidup sebagian besar nasabah Citi baik di Indonesia maupun di dunia. Dengan mengusung konsep ‘Digital means Mobile’, kami berharap kehadiran Citi Indonesia Facebook dapat semakin mendekatkan kami dengan para nasabah.”