MIX.co.id - Unilever Indonesia berhasil “unjuk gigi” di ajang “The Asia Corporate Excellence and Sustainability Awards” (ACES) yang baru saja digelar di Malaysia, pada 24 November 2023 lalu. Di ajang tersebut, Unilever meraih dua penghargaan, yakni untuk kategori ‘Asia's Most Inspiring Executives’ yang berhasil diraih Ira Noviarti selaku Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Tbk. serta kategori “Industry Champions of the Year”.
ACES 2023 adalah penghargaan yang ditujukan bagi pemimpin dan korporasi yang telah membuat perubahan positif bagi industri dengan memberikan perhatian pada nilai-nilai keberlanjutan pada aspek Environmental, Social, dan Governance (ESG) di dalam rantai operasi bisnisnya. ACES ke-10 ini diikuti oleh 580 calon nominasi, yang berasal dari Indonesia, Malaysia, Hong Kong, Laos, Mongolia, Filipina, Singapura, Thailand, Taiwan, dan Vietnam.
Penghargaan bergengsi tersebut diraih mendekati hari jadi Unilever Indonesia yang ke-90. Sejak tahun 1933, Unilever Indonesia bertumbuh, berkembang, dan berkontribusi bagi masyarakat dalam menciptakan masa depan yang berkelanjutan melalui berbagai inisiatif perusahaan maupun brand. Hal itu sejalan dengan strategi global, yakni ‘The Unilever Compass’ yang mencakup tiga pilar komitmen keberlanjutan. Pertama, menciptakan planet yang lebih lestari. Kedua, meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Ketiga, berkontribusi pada masyarakat yang lebih adil dan inklusif.
Unilever Indonesia selalu memastikan untuk mengintegrasikan strategi ‘The Unilever Compass’ dalam seluruh kegiatan bisnis termasuk brand, inovasi produk, dan program masyarakat. Komitmen itu diwujudkan dengan cara memastikan seluruh brand memiliki tujuan atau purpose yang jelas dan selaras dengan ketiga pilar tersebut, termasuk operasi bisnis Unilever dari hulu hingga ke hilir berjalan sesuai dengan komitmen pada sustainable-ethical business practice.
Komitmen Unilever pada sustainability ditunjukkan melalui berbagai terobosan dan capaian yang mengedepankan nilai-nilai keberlanjutan untuk mendorong Indonesia yang lebih hijau, sehat, sejahtera, adil dan inklusif. Pada penggunaan dan pengelolaan plastik misalnya, Unilever Indonesia bekerja sama dengan 4.000 bank sampah di seluruh wilayah Indonesia untuk mengelola 62.360 ton sampah plastik sepanjang tahun 2022. Inisiatif lainnya, Unilever memiliki Program Royco Nutrimenu, yang memberdayakan komunitas perempuan dengan edukasi kesehatan, nutrisi, dan kesejahteraan serta mengedukasi jutaan perempuan soal pentingnya mengkonsumsi gizi seimbang.
Semetara itu, Ira Noviarti selaku Presiden Direktur Unilever Indonesia tercatat pernah menjadi Chairman B20 Indonesia Women in Business Council (WiBAC) pada periode kepresidenan Indonesia G20. Dengan demikian, memungkinkan Unilever untuk turut merumuskan solusi yang mampu menjawab tantangan serta peluang bagi perempuan untuk lebih berkiprah di bidang ekonomi dan bisnis pada level nasional maupun internasional. Wujud konkretnya adalah peluncuran platform One Global Women Empowerment (OGWE) yang dirancang untuk menyatukan pihak-pihak yang membutuhkan dan dapat membantu memberdayakan pekerja dan pengusaha perempuan di seluruh dunia guna meningkatkan kemampuan digital, memberikan akses pendanaan, dan investasi.
Selanjutnya, di bawah brand Pepsodent, pada 2022, Pepsodent sukses meluncurkan kampanye nasional bekerja sama dengan PDGI, dan berhasil menjangkau lebih dari 700.000 orang untuk memberikan pemeriksaan gigi gratis di 149 kota dan menampilkan kode QR pada kemasan pasta gigi mereka yang terhubung ke dokter gigi untuk konsultasi teledentistry gratis melalui WhatsApp.
Berikutnya, sejak 2001, Unilever melalui brand Bango telah bantu lindungi kehidupan dan penghidupan lebih dari 11.000 petani kedelai hitam Mallika. Program Pengembangan Petani Kedelai Hitam Unilever memberikan dukungan kepada petani produsen Mallika, memungkinkan mereka untuk hidup lebih produktif, dan meningkatkan kesejahteraan mereka secara keseluruhan. Program ini berfokus pada mendidik petani tentang praktik pertanian berkelanjutan untuk mempromosikan kesuksesan dan stabilitas jangka panjang.