Ant Financial, perusahaan yang fokus pada penyediaan jasa keuangan dan berafiliasi dengan Alibaba, mentarget para para pengguna digital payment di Indonesia melalui layanan pesan yang sampai kini masih popular, BlackBerry Messenger (BBM). Masuknya Ant Financial ini meramaikan pasar pembayaran digital di Indonesia. Saat ini, penyedia jasa transportasi online seperti GoJek dan Grab masuk ke bisnis pembayaran online. Go-Jek menawarkan penggunanya layanan pembayaran digital dengan bekerjasama dengan Kudo.
Di Indonesia, Art Financial menjalin kemitraan dengan Elang Mahkota Teknologi (Emtek Group), konglomerat media di Indonesia yang menguasai operasi BBM di Indonesia melalui kesepakatan lisensi dengan BlackBerry yang berkantor pusat di Kanada, pertengahan 2016 lalu. Sejak mememagng lisensi BBM, Emtek mengubah BBM menjadi lebih dari sekedar aplikasi chat. Aplikasi terbaru ini memungkinkan orang untuk berbelanja, melakukan pembayaran, bermain game, menonton video, dan banyak lagi. BlackBerry mengklaim memiliki 63 juta pengguna aktif bulanan di Indonesia.
Klaim ini menjadikan BBM sebagai aplikasi chatting paling populer di negara berpenduduk lebih dari 250 juta orang ini. Survei pengguna mobile internet yang dilakukan oleh JakPat pada Januari 2017 menemukan bahwa 83,1% respondennya masih menggunakan BBM, dengan lebih dari sepertiga (35,9%) pengguna memeriksa aplikasi BBM-nya lebih dari 10 kali sehari.
Ekspansi Ant Finance ke Indonesia diharapkan meningkatkan kinerjanya, termasuk kinerja platform BBM sendiri. Desember 2016 perusahaan bermitra dengan platform e-commerce lokal Bukalapak.com untuk meluncurkan layanan e-commerce disebut BBM Shopping. Namun, penelitian menunjukkan platform tersebut belum mendapatkan banyak menghasilkan transaksi di kalangan pengguna.
Ant Financial juga berencana menggandeng operator pembayaran digital Alipay yang memiliki sekitar 450 juta pengguna ke Indonesia, pasar dengan jumlah pengguna smartphone yang terus meningkat. eMarketer memperkirakan tahun ini terdapat 67.1 juta pengguna smartphone di Indonesia dan tumbuh menjadi 92.1 pada 2020 mendatang. Melalui layanan yang ditawarkan Alipay pengguna bisa memanfaatkan aplikasi untuk manajemen kekayaan, memesan makanan, pembayaran tagihan dan pemesanan perjalanan.
Alipay adalah alat pembayaran yang terkenal di China, alipay masih satu group dengan alibaba.com, dan merupakan metode pembayaran yang sama dengan Paypal. Alipay merupakan platform pembayaran online, yang menyediakan layanan yang sederhana, aman dan cepat untuk jutaan individu dan pebisnis untuk membuat dan menerima pembayaran di Internet. Namun kendalanya disini adalah soal bahasa karena Alipay memakai bahasa China. Melalui BBM, kendala itu bisa diatasi sehingga Alipay menggunakan bahasa Indonesia.