Categories: News Trend

Ada Corporate Communication, Ada Pula Corporate Marketing

Banyak merek dan perusahaan yang menerapkan konsep corporate marketing dalam strategi pemasaran mereka. Coca-Cola misalnya, adalah salah satu merek yang menerapkan konsep corporate marketing dengan baik. Merek ini mempromosikan nilai-nilai seperti kebahagiaan dan kesenangan melalui kampanye iklan dan sponsorships.

Elemen pertama adalah corporate identity yang terdiri dari identitas visual, identitas perilaku, dan identitas komunikasi. Kompenen ini penting dalam membedakan dan mengkomunikasikan nilai perusahaan kepada publik. Dengan mengelola identitas korporat dan membangun citra merek yang kuat, perusahaan dapat menciptakan nilai tambah bagi konsumen dan mempertahankan keunggulan kompetitif di pasar.

Elemen kedua adalah corporate marketing. Menurut Balmer (1998), corporate marketing adalah pendekatan pemasaran yang memfokuskan pada citra korporat secara keseluruhan, bukan hanya produk atau jasa yang dihasilkan. Dalam corporate marketing, perusahaan harus memperhatikan dan mengelola identitas korporat secara konsisten, mulai dari desain logo, desain kemasan, desain toko, hingga tata letak produk di dalam toko.

Proses corporate marketing, mulai dari proses manajemen yang mengidentifikasi, mengantisipasi, dan memenuhi kebutuhan dan keinginan para pelanggan dengan cara yang menguntungkan perusahaan dan para stakeholder (pihak yang berkepentingan) lainnya.

Menurut Balmer, corporate marketing tidak hanya berfokus pada penjualan produk atau jasa perusahaan, tetapi juga pada pengelolaan citra merek (brand), budaya perusahaan, nilai-nilai perusahaan, dan hubungan perusahaan dengan masyarakat. Corporate marketing juga mencakup strategi-strategi jangka panjang perusahaan untuk menciptakan nilai tambah bagi para stakeholder dan memperkuat posisi perusahaan di pasar.

Dalam kampanye pemasarannya, Nike mempromosikan semangat dan kinerja melalui kampanye iklan yang menampilkan atlet dan sponsorships. BMW mempromosikan kualitas, kecepatan, dan performa melalui kampanye iklan dan sponsorships. Apple mempromosikan inovasi, kualitas, dan desain yang menarik melalui produk-produknya, serta kampanye iklan yang menampilkan nilai-nilai perusahaan. Ada lagi, Google — perusahaan teknologi — mempromosikan nilai-nilai seperti inovasi, kebebasan berkreasi, dan keterbukaan melalui kampanye pemasaran dan branding.

Corporate marketing juga dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuan-tujuan strategis jangka panjangnya, seperti membangun citra merek yang kuat, menciptakan hubungan yang baik dengan para pelanggan, meningkatkan reputasi perusahaan di mata publik, dan menciptakan loyalitas pelanggan. Corporate marketing juga dapat membantu perusahaan untuk membedakan diri dari pesaing di pasar dan menciptakan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.

BMW adalah salah satu merek mobil yang terkenal dengan strategi pemasaran yang kuat dan berhasil. Strategi corporate marketing BMW bertujuan untuk mencapai tujuan-tujuan strategis jangka panjangnya, seperti meningkatkan penjualan, membangun citra merek yang kuat, dan mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar mobil mewah

Strategi corporate marketing BMW untuk mencapai tujuan-tujuan strategis jangka panjangnya, antara lain dilakukan dengan mempertahankan kualitas produk yang tinggi, mempromosikan merek BMW secara terpadu, membangun hubungan dengan konsumen dan dealer, memperluas pasar melalui diversifikasi produk, dan penggunaan teknologi digital.

Langka-lakah yang dilakukan MW; Pertama, BMW terus melakukan inovasi dan penelitian untuk meningkatkan kualitas produknya agar tetap menjadi pemimpin pasar mobil mewah. Kedua, BMW mempromosikan mereknya secara terpadu melalui berbagai saluran pemasaran, seperti iklan TV, sponsorships, dan media sosial. Ketiga, BMW menggunakan citra merek yang kuat dan elegan untuk menarik perhatian konsumen.

Keempat, BMW membangun hubungan yang kuat dengan konsumen dan dealer melalui program pelatihan dan pengembangan, layanan purna jual yang berkualitas, dan program loyalitas pelanggan. Hal ini membantu BMW mempertahankan basis pelanggan setia dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Page: 1 2 3 4 5

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Raisha Wirapersada, Media Relations Officer Multitalenta

MIX.co.id - Raisha Wirapersada memulai kariernya sebagai Fashion Stylist Assistant di Majalah Kartini pada 2010,…

3 days ago

Jelang Akhir Tahun, Asus Rilis Laptop Gaming Tipis Berteknologi AI

MIX.co.id - Belakangan ini, tren yang tengah terjadi di industri laptop adalah laptop ber-body yang…

3 days ago

Aplikasi PINTU Cetak Kinerja Positif sepanjang 2024

MIX.co.id - Aplikasi crypto all-in-one, PINTU, kembali mencetak kinerja positif sepanjang tahun 2024. Hal itu…

3 days ago

XL Axiata dan Xanh SM Berkolaborasi Hadirkan Solusi IoT bagi Industri Transportasi Listrik

MIX.co.id - XL Axiata melalui XL Axiata Business Solutions dan Xanh SM berkolaborasi untuk menghadirkan…

3 days ago

PLN Icon Plus dan Pertamina Geothermal Energy Bersinergi untuk Benchmarking Transformasi Bisnis

MIX.co.id - PLN Icon Plus baru saja mendapat kunjungan dari Pertamina Geothermal Energy (PGE). Kunjungan…

3 days ago

Digiplus Resmikan Gerai Baru di SMS 2 Tangerang

MIX.co.id – Digiplus, unit bisnis PT Mitra Adiperkasa Tbk., meresmikan gerai terbaru yang berlokasi di…

3 days ago