Ada "Festival Diskon Nasional" di Harbolnas 2020

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) menjadi momen yang paling ditunggu oleh para pemilik merek maupun konsumen di Indonesia. Mengingat, di momen ini, hampir semua merek memutuskan untuk massif menggelar kampanye promosi, yang tentu saja diikuti oleh tingginya transaksi belanja konsumen di berbagai platform eCommerce.

Sejak 2019, Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) dipercaya mengkoordinir Harbolnas 12.12 yang jatuh setiap bulan Desember. Berbeda dengan festival belanja online lainnya, Harbolnas 12.12 dapat diikuti semua UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang sudah memiliki website sendiri. Tahun ini, pada gelaran Harbolnas 2020, idEA menggandeng Bank Mandiri serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf).

Bima Laga, Ketua Umum idEA, mengakui bahwa dibutuhkan kolaborasi dengan banyak pihak untuk bisa segera memulihkan kondisi ekonomi bangsa ini. “Bank Mandiri dan Kemenparekraf menjadi perwakilan sektor perbankan dan pemerintah yang memang menaruh perhatian besar pada perbaikan kondisi UMKM Indonesia paska pandemi,” ucapnya.

VP Retail Deposit Product & Solution Bank Mandiri Pipit Puspita menegaskan, “Kami memberi dukungan promo diskon Rp 75.000 per transaksi yang terjadi selama Harbolnas 2020. Untuk bisa memperoleh promo tersebut, konsumen bisa menggunakan kartu kredit dan debit Mandiri saat pembayarannya.”

Sementara itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menawarkan potongan harga untuk produk kreatif lokal. Hal ini tentu saja selaras dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang memfokuskan untuk membantu UMKM Lokal tetap produktif di masa Pandemi dengan berjualan melalui platform digital.

“Kami memberi dukungan dalam bentuk kupon potongan harga khusus untuk pembelian produk lokal untuk kategori subsektor kuliner, kriya, dan fashion di marketplace. Kami berharap omset pelaku ekonomi kreatif yang berjualan di platform digital juga akan mengalami peningkatan,” tutur Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Yuana Rochma Astuti.

Lebih jauh Bima menjelaskan, Harbolnas 2020 akan terdiri dari dua hari penyelenggaraan, yakni 11 dan 12 Desember 2020. Pada 11 Desember, konsumen bisa berbelanja khusus produk lokal saja. Sementara itu, pada puncak perayaan Harbolnas, 12 Desember 2020, konsumen bisa membeli aneka produk, baik lokal maupun umum.

“Konsumen bisa mengecek merek-merek apa saja yang menebar promo selama gelaran harbolnas 2020 di www.harbolnas.idea.or.id. Selain bertabur promo, akan ada live giveaway dari beberapa marketplace yang menjadi peserta Harbolnas kali ini. Setiap hari akan ada live giveaway pada pukul 09:00, 12:00, 16:00, dan 19:00 WIB,”urai Bima.

Istimewanya, pada Harbolnas kali ini akan digelar Festival Diskon Nasional (FDN) yang berlangsung pada 16- 31 Desember 2020. Acara FDN ini ditujukan bagi pedagang dan konsumen produk lokal saja. Acara ini merupakan salah satu dukungan Kementerian BUMN untuk produk lokal yang juga bagian dari Gerakan Nasiona Bangga Buatan Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)