Agoda Rilis Travel Interest Wisman ke Indonesia Semester l-2024

MIX.co.id – Minat wisatawan mancanegara (wisman) untuk melakukan perjalanan ke Indonesia meningkat 33% pada semester l-2024.

Selain itu, Indonesia masuk dalam tiga destinasi teratas bagi wisatawan Australia, India, Malaysia dan Belanda.

Sementara Bali, yang memiliki keindahan alam dan kekayaan budaya tercatat sebagai tiga destinasi terfavorit bagi wisatawan asal India dan Belanda, serta menjadi destinasi utama bagi wisatawan Australia dan Selandia Baru.

Data ketertarikan perjalanan (travel interest) tersebut didasarkan hasil pencarian akomodasi di platform perjalanan digital Agoda antara Januari dan Juni 2024.

Gede Gunawan, Senior Country Director Agoda untuk Indonesia menegaskan, meningkatnya jumlah pencarian terhadap Indonesia menunjukkan pesona yang dimiliki Indonesia serta keberhasilan pemerintah menjalankan strategi pemasaran destinasi ke lingkup global.

“Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah dan mitra akomodasi untuk mendorong pertumbuhan pariwisata dan terus membangun posisi Indonesia sebagai destinasi wisata terbaik,” ujarnya saat pemaparan travel interest kepada awak media, Selasa (6/8), di Jakarta.

Data Agoda juga menyebutkan, sebagian besar pencarian ke Indonesia berasal dari Singapura, disusul Malaysia, Korea Selatan, Australia, dan India yang melengkapi lima besar.

Ketertarikan wisatawan Eropa juga meningkat, dengan kenaikan sebesar 23% dalam pencarian ke Indonesia pada semester pertama 2024 dibandingkan tahun lalu. Sebagian besar pencarian dari Eropa berasal dari Prancis, Inggris, Jerman, Belanda, dan Spanyol.

Indonesia juga menjadi destinasi yang semakin populer di kalangan wisatawan asal India dan Asia Utara seperti Korea Selatan, Jepang, dan Taiwan.

Pertumbuhan minat dari Asia Utara telah meningkat pada enam bulan pertama tahun ini, dengan pencarian akomodasi dari Hong Kong naik 57%, dari Korea Selatan naik 54%, Jepang naik 50%, dan Taiwan naik 38%, dibandingkan semester pertama 2023.

Tak hanya menjadi destinasi wisata yang semakin populer, data Agoda juga menunjukkan peningkatan jumlah pencarian wisata yang berasal dari dalam negeri, dengan kenaikan 20% untuk pencarian wisata domestik dan 13% lebih banyak pencarian untuk wisata ke luar negeri.

Peningkatan pencarian perjalanan secara menyeluruh (across-the-board) telah mendorong kinerja Indonesia yang kuat di berbagai peringkat pencarian di Agoda. Pada paruh pertama tahun 2024, Indonesia menjadi salah satu dari lima negara asal teratas Agoda, berdasarkan jumlah pencarian akomodasi.

Pencarian penerbangan dari Indonesia juga meningkat, menjadikannya negara asal terbesar kedua pada bulan Juni 2024. Dari semua pencarian yang dilakukan di Agoda, wisatawan Indonesia paling sering menggunakan perangkat mobile. Tren ini mencerminkan pergeseran berkelanjutan di Indonesia menuju perencanaan perjalanan yang mengutamakan perangkat mobile.

Survei yang dilakukan di platform Agoda mengungkapkan bahwa perjalanan petualangan merupakan motivasi terbesar bagi wisatawan Indonesia. Sebanyak 42% responden menjadikan hal ini sebagai alasan untuk bepergian. Diikuti perjalanan untuk kebugaran (wellness) sebanyak 35%, lalu berkumpul bersama keluarga dan teman (33%).

Agoda baru-baru ini meluncurkan brand campaign terbaru di Indonesia melalui tayangan video bertajuk 'Liburan Tenang, Dompet Senang' yang dibintangi oleh Anya Geraldine. Kampanye berfokus pada liburan dengan harga terjangkau, sehingga memudahkan orang untuk lebih sering bepergian. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)