MIX.co.id - Mengusung slogan global “Eat Well, Live Well”, Ajinomoto terus memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia sekaligus melangkah ke arah bisnis berkelanjutan yang ramah lingkungan.
Slogan tersebut diwujudkan melalui sejumlah kegiatan yang dilakukan oleh Health Provider Ajinomoto, sebutan untuk para karyawan Ajinomoto.
Kali ini, merayakan Hari Pers Nasional, Ajinomoto mengajak rekan media untuk menyaksikan dan terlibat langsung dalam inisiatif yang dilakukan oleh Health Provider Ajinomoto dalam membantu mengurangi masalah kesehatan dan lingkungan, melalui program bertajuk “Lebih Dekat dengan Health Provider Ajinomoto”.
Ajinomoto menyadari, kontribusi dan prestasi yang dicatatkan Ajinomoto selama ini, tidak terlepas dari dukungan dan kerja sama baik dengan media. Sebagai ungkapan terima kasih dan kesempatan bersilahturahmi secara langsung, Ajinomoto menggelar program tersebut di Pabrik Ajinomoto yang berlokasi di Mojokerto.
Dituturkan Grant Senjaya, Head of Public Relations Department PT Ajinomoto Indonesia, Indonesia adalah salah satu dari negara yang menghadapi masalah gizi, yang kita kenal dengan Triple Burden Malnutrition, yaitu masalah kekurangan gizi (Undernutrition/stunting), obesitas (Overnutrition), dan hidden hunger (micronutrient dan deficiencies).
"Sebagai salah satu perusahaan makanan nomor satu di Indonesia, kami menyadari bahwa kami adalah bagian dari keluarga Indonesia. Untuk itu, kami sebagai Health Provider merasa perlu untuk membantu masyarakat Indonesia dalam memperbaiki dan meningkatkan asupan makanan bergizi bagi masyarakat Indonesia," paparnya.
Dia mencontohkan, pada Desember 2022 lalu, Ajinomoto mengajak para ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Surabaya untuk terlibat dalam acara GEMBIRA (Gerakan Masak Bergizi Bersama Ajinomoto Health Provider). Sebanyak lebih dari 400 orang ibu mendapatkan edukasi mengenai pentingnya gizi seimbang dan bagaimana cara mengatur asupan gizi seimbang untuk keluarga.
"Kali ini, kami sebagai Health Provider mengajak beberapa rekan media turun langsung ke masyarakat untuk memberikan penyuluhan dan membagikan informasi mengenai keamanan MSG dan pentingnya diet garam kepada para ibu di desa Gayam, Mojokerto," lanjut Grant Senjaya.
Program yang dikemas santai itu dibuka dengan sambutan hangat dari Yudho Koesbandryo selaku Direktur PT Ajinomoto Indonesia. Rekan-rekan media juga diajak untuk berkeliling pabrik melihat proses pembuatan produk MSG Ajinomoto dan co-product yang dihasilkan dari sisa produksi Ajinomoto. Selain membagikan informasi mengenai keamanan MSG dan pentingnya diet garam, Health Provider dari Agridev Department PT Ajinomoto Indonesia juga mendemonstrasikan penyebaran pupuk AJIFOL menggunakan drone ke para petani di desa Gayam.
“Sejalan dengan Ajinomoto Share Value (ASV) perusahaan, Ajinomoto giat menginformasikan kepada masyarakat mengenai manfaat dari AJIFOL sebagai wujud praktik ekonomi sirkular melalui pengolahan produk samping (By Product) yang dalam prosesnya mengacu pada Eco Activity dan Bio Cycle, yang dapat diolah menjadi produk dengan nilai jual (Co Product). Kami berharap inisiatif lingkungan yang kami giatkan ini dapat menginspirasi banyak pihak untuk bergerak bersama guna menjaga lingkungan sekitar tetap asri," pungkas Yudho.