MIX.co.id - Grup Ajinomoto Indonesia giat mengkampanyekan konsep Bijak Garam. Kampanye tersebut merupakan salah satu aktivitas Ajinomoto Health Provider guna mendorong penerapan gaya hidup sehat masyarakat Indonesia dan membantu memperpanjang harapan hidup sehat.
Ajinomoto Health Provider merupakan inisiatif keberlanjutan yang terintegrasi dari Ajinomoto Indonesia, meliputi aktivitas yang menunjang penerapan pola hidup sehat, dan keberlanjutan lingkungan.
Dalam rangkaian kampanye itu, baru-baru ini, Ajinomoto menggelar seminar Food Service kepada mahasiswa Prodi Hotel Manajemen Binus University, di Restaurant Laboratory Kampus Anggrek, Jakarta Barat. Kegiatan itu dilakukan sebagai upaya mendukung calon pengusaha kuliner Indonesia dalam menciptakan aneka kreasi produk yang lebih sehat dan menguntungkan (profitable), dengan memberikan fakta informatif seputar MSG, konsep Bijak Garam, serta beberapa inspirasi menu menarik yang dapat diimplementasikan pada bisnis kuliner.
Dalam seminar Food Service itu, mahasiswa Binus University Prodi Hotel Manajemen diberikan pemahaman mengenai keunggulan dari produk-produk Ajinomoto Professional yang banyak digunakan pada industri food service, serta berbagai inspirasi menu comfort food yang memenuhi pedoman gizi seimbang dan profitable untuk bisnis kuliner di masa depan.
“Kali ini, Ajinomoto yang juga memiliki bisnis food service berkolaborasi dengan Binus University untuk memperkenalkan produk-produk kami dengan support sample yang dapat digunakan mahasiswa pada saat praktik memasak di kampus dan memberikan edukasi mengenai bisnis food service. Semoga informasi dari kami ini dapat menjadi inspirasi dan memotivasi teman-teman calon chef professional dalam membangun atau terjun ke dalam bisnis kuliner ke depannya," jelas Andalina Novyanti, Head of Horeca Dept. PT Ajinomoto Indonesia.
Sebagai Ajinomoto Health Provider, lanjutnya, Ajinomoto juga menjelaskan mengenai upaya Ajinomoto Indonesia dalam mendorong penerapan gaya hidup sehat di masyarakat dengan konsep Bijak Garam. "Kami berharap hasil kolaborasi ini dapat memberikan dampak serta nilai yang baik bagi civitas akademik Binus dan Ajinomoto Indonesia,” tandas Andalina.
Setelah sesi edukasi konsep Bijak Garam, tim Ajinomoto Professional memberikan sampel menu ‘tori no suimono’ (sup ayam khas Jepang) untuk sesi tes rasa. Pada sesi ini, setiap peserta dari mahasiswa Prodi Hotel Manajemen Binus dapat merasakan sekaligus membedakan menu ‘tori no suimono’ yang hanya diberikan garam dapur saja, dibandingkan dengan menu ‘tori no suimono’ yang dikurangi porsi garamnya dan ditambah sedikit MSG, AJI-NO-MOTO® PLUS®.
Pada kesempatan itu, tim Ajinomoto Professional turut mengundang Chef Dedes Dwi Ratna Sari, Executive Chef dari STUBE Group Jakarta, yang memberikan lima inspirasi menu comfort food, yakni Beef Black Pepper Popia, Beef Black Pepper Wraps, Chicken Maryland with White Sauce, String Beans & Herbs Potato, dan Sushi Sandwich with Beef Maranggi Satay, kepada teman-teman mahasiwa Prodi Hotel Manajemen Binus. Kelima inspirasi menu tersebut merepresentasikan kategori menu asian, western, dan fusion (Japanese-Indonesian).
Kegiatan seminar Food Service dari Ajinomoto Indonesia ini akan dihadirkan kembali pada bulan Januari 2025 mendatang dengan menyasar universitas-universitas yang memiliki Prodi Hotel Manajemen.