Ajinomoto Edukasi Masyarakat untuk Wujudkan Hidup Sehat dengan Mewaspadai Hipertensi

MIX.co.id - PT Ajinomoto Indonesia berkolaborasi dengan Inaviga Indonesia menggelar Webinar bertajuk "Waspadai Dampak Buruk Hipertensi dan Tingkatkan Kesehatan Mental".

Program ini digelar sebagai upaya meningkatkan harapan hidup sehat masyarakat Indonesia melalui penyebarluasan fakta informatif tentang Bumbu Umami seperti Monosodium Glutamat (MSG).

Kali ini, webinar kali menghadirkan dr. Indra K. Muhtadi selaku Medical Doctor & Health Motivational Speaker. Menurutnya, garam sebenarnya penting bagi tubuh. Tubuh tetap memerlukan garam setiap harinya. Namun apabila dikonsumsi secara berlebihan, maka bisa menyebabkan penyakit degeneratif seperti hipertensi, hingga jantung, dan stroke.

Lebih jauh ia menjelaskan, sebenarnya ada banyak cara untuk mengurangi risiko hipertensi, mulai dari menjalankan gaya hidup sehat dengan asupan makanan bergizi seimbang, berolahraga teratur, menghindari kebiasaan merokok dan minuman alkohol, hingga yang cukup kompleks dengan menjalankan Diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension).

"Namun, yang sederhana dan cukup mudah dilakukan adalah mengurangi asupan garam atau diet rendah garam, sebagai salah satu upaya yang esensial untuk mengurangi risiko hipertensi,” papar dr. Indra.

Lebih jauh ia menegaskan, ada juga solusi yang cukup mudah yang bisa diterapkan sebagai upaya mengurangi asupan garam. "Bila makanan sudah diberikan MSG, kita harusnya mengurangi garam. Sebab, kandungan natrium dalam MSG hanya 1/3 dari kandungan natrium pada garam dapur biasa. Dengan demikian, asupan natrium (garam) kita berkurang, namun cita rasa makanan kita tetap enak. Sebenarnya sudah banyak penelitian dan jurnal ilmiah di luar negeri yang menyatakan ini,” lanjutnya.

Katarina Larasati, Public Relations Manager PT Ajinomoto Indonesia menambahkan bahwa saat ini Ajinomoto sedang menggiatkan kampanye Bijak Garam yang memang sejalan dengan anjuran Kementerian Kesehatan RI terkait pengurangan asupan Gula, Garam, Lemak (GGL) dalam konsumsi sehari-hari.

“Melalui kampanye Bijak Garam yang sedang kami giatkan ini, Ajinomoto ingin mengedukasi masyarakat tentang pentingnya diet rendah garam dan mengajak keluarga Indonesia untuk hidup lebih sehat dengan mengurangi asupan atau penggunaan garam dalam mengolah makanan, namun tetap bisa memperoleh cita rasa yang tinggi dengan menambahkan sumber umami seperti MSG," urainya.

Kampanye itu juga merupakan bukti komitmen Ajinomoto untuk terus memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, dengan meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan keluarga Indonesia melalui produk dan layanan yang berkualitas tinggi.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)