Ajinomoto Edukasi tentang Pentingnya Asam Amino untuk Pegiat Olahraga

MIX.co.id - Ajinomoto kembali menggelar program edukasi untuk para pegiat olahraga. Kali ini, isu yang diusung tentang pentingnya asam amino untuk mendukung performa olahraga dan mencegah cedera.


“Asam amino terdiri dari esensial dan non-esensial. Asam amino esensial memiliki beberapa fungsi seperti membantu memperbaiki jaringan otot dan berfungsi menjadi produsen energi bagi tubuh," papar Sakinah, Product & Nutrition PT Ajinomoto Indonesia dalam Webinar bersama Rumah Sakit Olahraga Nasional (RSON) belum lama ini.

Lebih jauh ia menegaskan bahwa beberapa fungsi itu tentu saja sangat diperlukan untuk meningkatkan performa olahraga dan mengurangi nyeri otot saat berolahraga.

Dari 9 asam amino esensial, terdapat Leusin, Isoleusin, dan Valin (BCAA) yang memiliki peranan sangat penting untuk mendukung performa olahraga. Nah BCAA ini dibutuhkan untuk meningkatkan masa otot, sehingga proses sintesis protein menjadi maksimal.

Menurut Sakinah, berdasarkan studi yang telah dilakukan sebelumnya, suplementasi BCAA ini dapat membantu meningkatkan perfoma pada atlet yang sedang melakukan latihan endurance sebanyak 20%, dan dapat juga memperpanjang durasi olahraga hingga 17% jika suplementasi BCAA diberikan 1 jam sebelum aktivitas olahraga.

Selain itu, ternyata gizi juga memiliki peranan penting dalam mendukung performa olahraga. Ajinomoto melalui program ‘Winning Meals Kachimeshi’ mendukung para atlet dan pegiat olahraga melalui perencanaan menu bergizi, dan pemberian bimbingan gizi terkontrol sesuai kebutuhan latihan harian.

Diimbuhkan Melisa Margaretha, New Business Manager PT Ajinomoto Sales Indonesia, “aminoVITAL merupakan minuman jeli asam amino rasa apel Sport Drink No.1 di Jepang. Dalam 1 kemasan 100gr (2 sajian) mengandung 3.000 mg asam amino dan 1.640 mg BCAA (Leusin, Isoleusin, Valin) dan sudah bersertifikasi halal untuk para atlet dan para pegiat olahraga,” terangnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, produk aminoVITAL baik dikonsumsi 30 menit sebelum berolahraga atau di tengah-tengah berolahraga. Berbeda dengan protein, asam amino merupakan komponen terkecil penyusun protein dan dapat langsung diserap di dalam tubuh dalam 30 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)