MIX.co.id - Permasalahan gizi seperti gizi buruk pada anak dan gangguan kesehatan akibat penyakit metabolik seperti hipertensi, gula darah tinggi, dan kolesterol tinggi, menjadi fokus perhatian Ajinomoto. Grup Ajinomoto Indonesia juga mempunyai kepedulian terhadap perbaikan kondisi lingkungan, seperti kualitas udara yang buruk, banyaknya sampah plastik dan sisa makanan, serta pengelolaan sampah yang buruk.
Sebagai bentuk kontribusi dalam mengatasi permasalahan gizi, kesehatan, dan kelestarian lingkungan di Indonesia, Grup Ajinomoto Indonesia telah merumuskan filosofi dengan memposisikan diri sebagai perusahaan yang memiliki tujuan “Memperkuat kesejahteraan yang berkelanjutan bagi manusia, masyarakat, dan bumi melalui AminoScience”.
Tujuan tersebut ditetapkan sebagai bukti komitmen kuat Grup Ajinomoto Indonesia dalam memperkuat kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia, dan juga berkontribusi dalam memperkuat kelestarian lingkungan, melalui “AminoScience” secara terus menerus.
“Kami dengan bangga menggunakan kata AminoScience yang merupakan kekhasan dan kekuatan Ajinomoto, dan menunjukkan tujuan kami dalam memperluas area bisnis. AminoScience sendiri merupakan istilah kolektif dari fungsi, teknologi, dan layanan dari proses penelitian dan penerapan yang dilakukan oleh Grup Ajinomoto Global dengan fokus utama mengungkap kekuatan asam amino," ungkap Naoto Minemura, Presiden Direktur Grup Ajinomoto Indonesia.
Lebih jauh ia menjelaskan, dengan tujuan yang ditetapkan tersebut, Grup Ajinomoto Indonesia yakin langkah itu akan mendorong kinerja perusahaan menuju hasil yang diinginkan pada tahun 2030, yaitu berkontribusi dalam meningkatkan harapan hidup sehat masyarakat Indonesia dan mengurangi dampak lingkungan sebesar 50%, antara lain melalui inisiatif keberlanjutan terintegrasi yang mencakup aktivitas dalam menunjang kesehatan manusia dan kesehatan bumi (lingkungan). "Kami menyebutnya inisiatif Penyedia Kesehatan Ajinomoto," ucapnya.
Inisiatif Ajinomoto Health Provider merupakan inisiatif Ajinomoto untuk mewujudkan ASV (Ajinomoto Group Creating Shared Value) yang sejalan dengan AGW (Ajinomoto Group Way). ASV merupakan prinsip yang selalu dijalankan oleh seluruh perusahaan afiliasi Ajinomoto Global Group, di mana dalam setiap kegiatan usaha (yang menciptakan nilai ekonomi), selain menjawab kebutuhan konsumen juga dapat menjadi solusi terhadap permasalahan sosial yang ada (menciptakan nilai sosial).
"AGW (Ajinomoto Group Way) merupakan nilai-nilai dasar (menciptakan nilai-nilai baru yang unik yang berorientasi pada sudut pandang pelanggan; semangat kepeloporan; kontribusi aktif secara sosial; dan menghargai manusia) yang dimiliki oleh seluruh karyawan Ajinomoto Global Group melalui pendekatan dan sikap dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari secara tertib, untuk mencapai tujuan besar perusahaan," imbuhnya.
Untuk menjalankan inisiatif di atas, Ajinomoto Indonesia Group mentransformasikan seluruh karyawannya menjadi Ajinomoto Health Provider dengan memberikan pengetahuan terkait konsep asupan gizi seimbang yang mendukung kesehatan manusia, serta pengetahuan terkait upaya keberlanjutan di bidang lingkungan hidup.