Pasar “free-from”—produk-produk makanan tanpa kandungan bahan yang dapat menyebabkan alergi— di Amerika Serikat bernilai USD12 milyar, dan setiap tahunnya tumbuh dua digit (Euromonitor). Pertumbuhan ini didorong oleh maraknya penyakit alergi dan intoleransi terhadap makanan, serta meningkatknya jumlah konsumen yang memilih menjalani gaya hidup lebih sehat.
Mengakuisisi Enjoy Life Foods merupakan upaya strategis Mondelez International mengembangkan pasar cemilan sehat.
Melirik peluang tersebut, Mondelez International resmi mengakuisisi pemimpin pasar makanan ringan asal Amerika Serikat, Enjoy Life Foods. Saat ini Enjoy Life Foods memiliki lebih dari 40 produk makanan ringan, seperti kue kering, cokelat, snack bar, serta makanan ringan gurih yang semuanya tidak mengakibatkan alergi dan tidak mengandung gluten.
“Akuisisi Enjoy Life Foods merupakan langkah strategis kami untuk fokus mengembangkan segmen makanan ringan Mondelez,” ujar Mark Clouse, Chief Growth Officer, Mondelez International. Ia menjelaskan, merek Enjoy Life akan membantu mengembangakn portofolio Mondelez di segmen makanan sehat yang memang sedang tren dan tumbuh cepat beberapa tahun belakangan ini. “Enjoy Life memiliki brand promise yang sangat kuat bagi para konsumen,” imbuh Clouse.
Sementara, pihak Enjoy Life Foods juga menyambut positif akuisisi ini. “Dengan menggabungkan merek kami, kepemimpinan pasar, passion terhadap para konsumen dengan sumber daya, jangkauan, serta kemampuan pemasaran dari Mondelez International, kami yakin hubungan ini akan membantu kami mencapai target-target kami,” ujar Scott Mandell, CEO sekaligus pendiri Enjoy Life Foods.
Mandell dan timnya di Enjoy Life akan tetap memimpin perusahaan. Sementara, Mondelez International akan mengoperasikan Enjoy Life Foods sebagai anak perusahaan terpisah, yang dimiliki sepenuhnya, untuk tetap melanjutkan semangat kewirausahaannya. Mondelez International juga akan mendukung manajemen dan akses ke berbagai sumber daya globalnya.