InMobi, provider platform enterprise global bagi para pemasar, pada pertengahan Oktober ini (18/10) resmi mengakuisisi Pinsight Media, perusahaan iklan dan data selular yang sebelumnya dimiliki oleh Sprint. Akuisisi Pinsight menjadi bagian dari kerja sama strategis yang lebih luas antara InMobi dan Sprint yang mencakup perangkat, data, media, dan pemasaran (marketing). Sebelumnya, pada Januari 2018 lalu, InMobi mengakuisisi AerServ senilai US$90 juta dan menjalin kerja sama dengan Microsoft pada Juni 2018.
Diungkapkan Rob Roy, Chief Digital Officer Sprint, kerja sama Sprint dengan InMobi tidak hanya dalam hal akuisisi. "Kami juga mencari rekan strategis yang bisa memberikan teknologi pemasaran digital dan iklan selular terbaru dengan tetap memperhatikan masalah-masalah peraturan, privasi, dan data. Kerja sama ini membuat Sprint memiliki rekan kerja inovatif yang bisa mendorong keberhasilan pemasaran," tuturnya.
Akuisisi Pinsight Media yang dilakukan oleh InMobi juga memberikan insight mendalam dan platform manajemen data paling mutakhir bagi InMobi Marketing Cloud. Sejatinya, hal itu sangat berguna bagi pemasar enterprise untuk memahami perilaku konsumen dengan strategi pemasaran berbasis kecerdasaan buatan (Artificial Intelligence atau AI).
Ditambahkan Naveen Tewari, CEO InMobi, melalui akuisisi itu InMobi ingin menciptakan platform periklanan dan pemasaran yang paling kuat untuk pasar Amerika yang menggabungkan perilaku daring (online) dan dunia nyata (offline). "Ini memberi jalan bagi CMO untuk menggapai dan berinteraksi dengan konsumen dengan tetap memperhatikan persyaratan tentang privasi dan perlindungan data," katanya.
Ia menambahkan bahwa akuisisi ini memungkinkan InMobi dan Sprint bekerja sama meningkatkan kekuatan masing-masing dan memberikan kerangka global untuk kerja sama antara platform periklanan dengan telekomunikasi.
“InMobi memiliki komitmen tinggi terhadap partner telekomunikasi. Dan, kami membangun ekosistem data yang unik untuk mendukung platform enterprise untuk para pemasar. Akuisisi Pinsight Media akan meningkatkan kemampuan kami untuk memberikan insight pelanggan, target market, dan pelibatan konsumen yang lebih cerdas bagi CMO,” urai Anurakt Jain, VP dan GM Strategic Data Partnership InMobi.