ALE Dukung Transformasi Digital menuju E-Government

Maraknya pembahasan mengenai e-government mendorong Alcatel-Lucent Enterprise (ALE) menyelenggarakan event ALE GovDay 2019: The Future of Government.

Melalui ALE GovDay 2019, kata Adios Purnama, Country Manager Alcatel-Lucent Enterprise, pihaknya ingin memberikan kontribusi bagi penerapan e-government di Indonesia. “Sesuai dengan misi ALE untuk menghubungkan semua hal demi menciptakan pengalaman teknologi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, kami ingin membantu mewujudkan connected government untuk meningkatkan kualitas layanan pemerintah kepada publik,” paparnya kepada media pada event ALE GovDay 2019 yang digelar di Jakarta, Kamis (21/3).

Pada acara ini, ALE sebagai penyedia solusi komunikasi terintegrasi berbagi strategi pemanfaatan teknologi dan transformasi digital yang bisa mendukung penerapan e-government di Indonesia dengan menghadirkan pakar teknologi informasi komunikasi (TIK), perwakilan pemerintah dari Kementerian Kominfo, Kementerian Luar Negeri, serta pihak terkait.

Ernest Lee, VP Government Vertical ALE APAC mengungkapkan, upaya perbaikan birokrasi melalui penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) mampu meningkatkan peringkat Government Effectiveness Index Indonesia, dari peringkat 103 pada tahun 2015 menjadl peringkat 86 pada tahun 2016 atau naik 17 peringkat.

Sementara itu, peringkat Indonesia dalam E-Government Development Index (EGDl) yang dirilis PBB menyebutkan, lndonesia berhasil menaikkan peringkat dari Middle ke High EGDI Country. Pada 2010, total indeks EGDl lndonesia adalah 0,4026 dan pada 2018, indeks Indonesia mencapai 0,5258 atau naik 0,1232 poin.

Peningkatan itu merupakan sinyal positif bagi penerapan e-government di Indonesia. Dari 17 negara yang mengalami peningkatan indeks EGDI, lima berasal dari Asia dan Indonesia adalah salah satunya. Hal ini menandakan transformasi digital di Indonesia sudah berjalan cukup baik dan saya yakin ke depannya, Indonesia akan menikmati masa depan digital yang bagus," ujar Ernest Lee.

ALE bersama dengan partner teknologi Fujitsu, Samsung Sangfor, Lenovo, Aca Pacific, Artapala, dan menghadirkan solusi komunikasi bagi penerapan e-government. “Di acara ALE GovDay 2019 ini kami bersama para pakar membahas perkembangan e-government di Indonesia dan bersama-sama mencari solusi terbaik bagi pembangunan e-government di Indonesia,” tandas Adios. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)