Aliansi Agensi Marketing "SAMA" akan Perkuat Posisi Asia di Kancah Global

MIX.co.id - Strategic Asia Marketing Alliance (SAMA) resmi diluncurkan pada hari ini (29/8), di Jakarta. SAMA adalah inisiatif strategis yang bertujuan memperkuat kolaborasi antara agensi kreatif dan inovatif di Asia.

Visi SAMA adalah menjadi katalisator transformasi dalam lanskap komunikasi di Asia melalui pembentukan aliansi yang solid dengan dukungan agensi-agensi terbaik yang inovatif dari berbagai negara.

Dijelaskan Chan Leong, Founder SAMA, yang juga dari Skribble (Malaysia), “SAMA bukan hanya sebuah jaringan agensi, tetapi sebuah platform untuk peningkatan kepemimpinan, menawarkan peluang presentasi regional yang dulunya sulit dijangkau oleh agensi individu. Ini adalah katalisator untuk program pertukaran bakat, memungkinkan tim kami untuk belajar dari berbagai perspektif di seluruh wilayah.”

Pada kesempatan yang sama, Arianto Bigman dari IDEOWORKS (Indonesia), mengatakan, saat ini, sudah 27 member agensi yang telah terkurasi, yang bergabung di SAMA. Mulai dari agensi kreatif, agensi digital, agensi PR, agensi, advertising agensi, hingga agensi BTL (below the line) atau OOH (Out of Home). Mereka yang telah bergabung antara lain IdeoWorks, Omeoo, Naikreatif, Krona, Meson, Ivosights, Kim, ADX Asia, Game Level One, dan Se7en Ads.

Lebih jauh ia menjelaskan, akan ada sejumlah layanan yang akan ditawarkan SAMA. Di antaranya, market & digital media analysis, influencer & brand activation management, CRM/omni-channel, structured marketing campaign, digital conversation & phone monitoring platforms, creative material production, performance-based advertising, game development & gamification solutions, OOH advertising & marketing operations.

Dia mencontohkan, jika ada perusahaan atau brand dari Thailand ingin masuk pasar Indonesia, maka mereka dapat memilih layanan yang ditawarkan SAMA, sesuai kebutuhan. Layanan itu akan diberikan oleh agensi-agensi yang sudah tergabung di SAMA, dimana track record, pengalaman, dan level trust-nya sudah bagus. Sebaliknya, untuk brand lokal yang ingin memasuki pasar global, juga dapat memanfaatkan layanan dari SAMA.

"Oleh karena itu, setelah Indonesia, SAMA akan diluncurkan juga di Malaysia, Singapura, dan Thailand. Ke depannya, kami berharap SAMA akan ada di enam negara, termasuk Vietnam, Filipina, dsn Kamboja," ungkap Chan Leong.

Dalam tiga tahun ke depan, sejumlah program sudah disiapkan dan akan dijalankan SAMA. Di antaranya, talent matching, marketing conferences, dan awards & recognitions.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)