MIX.co.id - Sukses dengan handbook “Pencegahan dan Penanganan Covid-19” yang ditujukan untuk kelompok medis profesional dan handbook “Strategi Pengusaha Untuk Bertahan dari Covid-19” yang ditujukan untuk para pelaku bisnis, Alibaba Group kembali merilis e-handbook pengembangan diri “Titik Mulai Perempuan Indonesia Bangkit Pasca-Covid”, yang menyasar komunitas perempuan di Indonesia, pada hari ini (2/3), secara virtual.
Objektif dari dirilisnya e-handbook ini adalah untuk menginspirasi para perempuan di dalam negeri agar mampu bangkit dan berkarya kembali di era digital pasca-Covid. Disusun dengan bantuan sembilan kontributor perempuan, e-handbook ini dapat diunduh secara gratis melalui portal berita lokal Alibaba Group, yakni AlibabaNews Bahasa Indonesia.
Diungkapkan Evelyn Yonathan, Chief People Officer Lazada Indonesia, “Lazada senang bisa berkontribusi dalam penerbitan e-handbook pertama Alibaba untuk perempuan Indonesia. E-handbook ini turut mendorong perempuan di Indonesia untuk mengoptimalkan peluang karir dan usaha baru, serta pengembangan diri melalui saluran digital. “Kami percaya bahwa pemberdayaan perempuan dapat menjadi bagian krusial dari upaya pemulihan ekonomi pasca-pandemi,” ucap Evelyn.
Menurutnya, pandemi juga telah mengakselerasi pertumbuhan dan adopsi teknologi digital, yang menciptakan banyak peluang dan membuka jalan untuk semua orang dari berbagai latar belakang, untuk bisa menemukan karir dan kesempatan usaha baru. Contohnya, Lazada Indonesia mencatatkan pertumbuhan penjual online hingga hampir 3x lipat pada bulan Oktober 2021, dibandingkan dengan di awal pandemi pada Maret 2020. “al ini menunjukkan bahwa masyarakat mempercayai peluang dari ekonomi digital,” ia meyakini.
E-Handbook Alibaba ini mengkompilasikan cerita dan pengalaman dari sembilan perempuan inspiratif yang berkarya di dalam maupun luar ekosistem Alibaba. Mereka membagikan pengetahuan praktis kepada pembaca untuk menjadi tangguh dalam menghadapi tantangan di bidang karir dan keuangan, serta tips dan inspirasi untuk mewujudkan impian wirausaha melalui saluran digital.
Kesembilan kontributor tersebut adalah Daisy Jin, Kepala Alibaba Global Initiatives (2020-2021); Evelyn Yonathan, Chief People Officer Lazada Indonesia; Hanna Suhardi, Lazada Seller dan Founder Lemontree; Susanty Widjaya, CEO Bakmi Naga Resto dan Ketua Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI); Viviyanti Tolgay, Founder PT Ratu Pertiwi Group; Carline Darjanto, Co-Founder COTTON INK; Diana Tanu, Co-Founder Top Karir; Agustina Samara, Chief of People & Corporate Strategy DANA Indonesia; dan Prita Ghozie, Financial Consultant dan CEO Zap Finance.