MIX.co.id - Allianz dan Garuda Indonesia kembali berkolaborasi dengan meluncurkan “Domestic TravelPro Insurance” dan “TravelPro International Insurance-Enhanced”. Resmi diluncurkan hari ini (20/5), di Jakarta, kedua produk asuransi tersebut hadir untuk memberikan layanan tambahan dan mengoptimalkan perlindungan bagi penumpang Garuda Indonesia.
Dituturkan Mariani Solihah, Direktur & Chief Distribution Officer Allianz Utama Indonesia, pada konferensi pers yang digelar hari ini (20/5), di Jakarta, kolaborasi antara Allianz dan bersama Garuda Indonesia telah terbangun sejak 2014. “Dua produk asuransi ini merupakan dirancang untuk meringankan risiko finansial dari penumpang Garuda Indonesia. Mulai dari risiko terkait penyesuaian jadwal penerbangan, proteksi barang pribadi selama perjalanan, hingga proteksi terhadap kecelakaan ketika sedang di perjalanan dan apabila penumpang Garuda jatuh sakit ketika di perjalanan luar negeri,” paparnya.
Dari segi perlindungan perjalanan, Domestic TravelPro Insurance dan TravelPro International Insurance-Enhanced memberikan jaminan perlindungan untuk penumpang Garuda Indonesia yang akan melakukan perjalanan domestik maupun internasional. Terdapat dua pilihan proteksi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, yaitu untuk One Way Trip (Sekali Jalan) atau Round Trip (Pulang Pergi).
Domestic TravelPro Insurance dan TravelPro International Insurance-Enhanced memberikan manfaat perlindungan luas, baik sebelum dan selama perjalanan bagi penumpangnya. Beberapa manfaat perlindungan yang diberikan adalah memberikan penggantian biaya yang telah dibayar dan tidak dapat dikembalikan seperti biaya transportasi, akomodasi, tempat wisata, hingga visa apabila terjadi pembatalan perjalanan sebelum keberangkatan akibat hal-hal yang dijamin oleh Polis. Selain itu, apabila terjadi penundaan perjalanan atau bagasi dengan waktu minimal 2 jam berturut-turut, juga akan diberikan manfaat santunan penundaan sesuai dengan limit yang berlaku.
Apabila penumpang mengalami kecelakaan saat perjalanan domestik, produk Domestic TravelPro Insurance menjamin biaya medis yang muncul atas kecelakaan tersebut. Apabila kecelakaan tersebut mengakibatkan kematian atau cacat tetap, maka Allianz Utama akan memberikan santunan sesuai dengan limit dan ketentuan yang berlaku.
Khusus untuk produk TravelPro International Insurance-Enhanced, perlindungan biaya medis turut mencakup penyakit serius atau cedera, termasuk karena virus yang telah dinyatakan sebagai epidemi atau pandemi yang diderita selama perjalanan. Selain itu, kedua produk juga dapat menanggung biaya evakuasi dan repatriasi medis darurat ketika dibutuhkan.
“Risiko merupakan suatu hal yang tidak dapat kita hindari dan dapat terjadi di mana saja, terutama ketika melakukan perjalanan. Bersama Garuda Indonesia, kami di Allianz Utama ingin terus meningkatkan kesadaran pentingnya memiliki proteksi. Kedua produk asuransi perjalanan yang dihadirkan memberikan perlindungan lengkap dan didukung layanan terbaik yang dapat membantu penumpang Garuda Indonesia memiliki perjalanan yang aman dan nyaman,” papar Mariani.
Lebih jauh ia menjelaskan, semua perlindungan ini bisa didapatkan oleh penumpang secara mudah saat pembelian tiket pesawat Garuda Indonesia secara online. Untuk melakukan pengajuan klaim, penumpang dapat melakukannya secara mudah melalui layanan 24 jam Call Center Allianz Indonesia di AllianzCare 1500136 atau bisa juga melalui portal klaim secara online.
Pada kesempatan yang sama, Ade R. Susardi, Direktur Layanan & Niaga Garuda Indonesia menegaskan bahwa kerja sama dengan Allianz ini merupakan bentuk komitmen Garuda Indonesia untuk menghadirkan berbagai nilai tambah bagi pengguna jasa dalam memberikan layanan penerbangan yang seamless khususnya dalam mengakses berbagai kebutuhan pendukung kenyamanan dan keamanan perjalanan, dalam hal ini kebutuhan asuransi perjalanan.
“Kerja sama dengan Allianz ini juga merupakan upaya Garuda Indonesia untuk terus mengembangkan ekosistem digital, khususnya pada website Garuda Indonesia. Rencananya juga akan turut diperluas melalui platform aplikasi FlyGaruda, yang diharapkan dapat memberikan solusi one stop service bagi kebutuhan atas berbagai layanan penerbangan dan juga layanan pendukungnya,” ia menjelaskan.
Memiliki visi yang sama dengan Allianz untuk menghadirkan kenyamanan bagi pengguna jasa, lanjutnya, kerja sama ini diharapkan akan dapat memberikan berbagai kemudahan bagi para pengguna jasa Garuda Indonesia yang untuk memperoleh berbagai layanan untuk mendukung perjalanannya. “Ke depannya, Garuda Indonesia akan terus bekerja sama dengan berbagai mitra strategis dalam menghadirkan berbagai fitur dan layanan untuk memberikan nilai tambah bagi masyarakat,” tutup Ade.