Analysis

BUKALAPAK DAN KONSEP THE 22 IMMUTABLE LAWS OF MARKETING

Salah satu kunci dari teori Ries dan Trout adalah pentingnya positioning. The Law of Focus menyatakan bahwa merek yang berhasil harus mendominasi satu kata atau asosiasi dalam benak konsumen. Tokopedia dikenal dengan ekosistem marketplace yang luas dan kuat, sementara Shopee mengukuhkan citra sebagai platform “belanja murah dengan banyak diskon.”

Bukalapak, meski awalnya memosisikan diri sebagai marketplace yang mendukung UMKM dan warung tradisional, kehilangan fokus karena mencoba bersaing langsung dengan kedua raksasa tersebut. Hal ini membuat diferensiasi Bukalapak menjadi kabur di mata konsumen. Akibatnya, Bukalapak tidak berhasil membangun top of mind awareness yang kuat dibanding kompetitornya.

Pergeseran fokus Bukalapak ke layanan digital mencerminkan upaya untuk kembali ke akar diferensiasinya. Dengan meninggalkan persaingan langsung, Bukalapak berupaya mengikuti The Law of Sacrifice, memilih ceruk yang lebih terdefinisi.

The Law of Sacrifice mengajarkan bahwa merek perlu mengorbankan sesuatu untuk mendapatkan keunggulan. Bukalapak kini berfokus pada layanan digital seperti pembelian pulsa, listrik, dan layanan berbasis teknologi finansial (fintech). Keputusan ini mencerminkan pergeseran strategi dari pasar yang sudah jenuh (jual beli barang) menuju ceruk pasar (niche market) yang lebih spesifik.

Langkah ini selaras dengan teori Ries dan Trout bahwa perusahaan yang tidak bisa bersaing di kategori utama harus menemukan celah baru untuk menciptakan ruang kompetitif. Dengan fokus pada warung dan layanan digital, Bukalapak mungkin mencoba menghidupkan kembali relevansinya melalui strategi hyperlocal dan mendukung ekosistem digital di komunitas kecil.

Meskipun teori Ries dan Trout relevan secara global, Indonesia memiliki karakteristik pasar yang berbeda. Dengan jumlah populasi besar dan tingkat penetrasi internet yang terus meningkat, ruang untuk pemain e-commerce sebenarnya masih terbuka lebar, terutama di segmen tertentu seperti rural commerce, yang mungkin tidak tersentuh oleh raksasa seperti Tokopedia dan Shopee.

Keputusan Bukalapak untuk menutup layanan jual beli barang adalah bukti bahwa konsep “dua merek bertahan kuat” dari Ries dan Trout masih berlaku dalam e-commerce Indonesia. Namun, langkah pivot mereka ke layanan digital menunjukkan bahwa merek yang gagal menjadi pemimpin di pasar utama masih dapat menemukan kehidupan baru dengan fokus pada niche.

Tantangan Bukalapak ke depan adalah membangun kembali posisi yang relevan dan kuat dalam benak konsumen, sehingga mampu bersaing di pasar yang terus berkembang. Jika dilakukan dengan benar, mereka dapat membuktikan bahwa meski tidak menjadi “salah satu dari dua besar,” masih ada peluang untuk sukses melalui strategi diferensiasi yang cerdas.

Page: 1 2Lihat Semua

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Incar Segmen Gamers, Haraku Ramen Luncurkan Mie Sepanjang 3,5 Meter

MIX.co.id - Haraku Ramen Halal, merek mie di bawah naungan Ismaya Group, meluncurkan menu edisi…

2 days ago

Pop Mart Buka Gerai Terbesar di Indonesia

MIX.co.id - Pop Mart kembali membuka gerai barunya di Mal Kota Kasablanka, Jakarta. Resni dibuka…

2 days ago

BOSTON TEA PARTY: AMARAH, PEMBERONTAKAN, DAN LAHIRNYA REVOLUSI KOPI

Ketika para kolonis Amerika membuang peti-peti teh ke laut dalam Boston Tea Party, mereka bukan…

2 days ago

NEO hormoviton Gelar Power Up Challenge Luvminton’25

MIX.co.id – Mengawali tahun 2025, NEO hormoviton menghadirkan NEO hormoviton Power Up Challenge, kegiatan yang…

3 days ago

Kembangkan Pembiayaan Supplier, UOB Indonesia Gandeng LOTTE Mart dan LOTTE Shopping

MIX.co.id – UOB Indonesia menjalin kerja sama dengan PT LOTTE Mart Indonesia dan PT LOTTE…

3 days ago

‘Regal Springs Kitchen Talk’ Edukasi Manfaat Protein Ikan

MIX-co.id - Regal Springs Indonesia (PT Aqua Farm Nusantara) berkolaborasi bersama Direktorat Jenderal Penguatan Daya…

3 days ago