Bakmi Mewah yang diluncurkan Mayora Group pada November 2015 rupanya membuat “panas” sang incumbent, Indofood. Khawatir posisi market leader-nya di pasar mie instant terpengaruh oleh kehadiran Bakmi Mewah, maka Indofood yang selama ini memimpin pasar mie instant di Tanah Air langsung meluncurkan produk yang nyaris serupa, yakni lewat merek Real Meat. Langkah responsif yang dilakukan Indofood cukup dimaklumi, lantaran Indofood pernah “kecolongan” dengan kehadiran Mie Sedaap dari Wings Group—yang ternyata sangat direspon positif oleh market.
Lantas, bagaimana respon pasar terhadap Bakmi Mewah? Apakah kesuksesan Mie Sedaap yang sempat “menggoyang” pasar Indomie akan kembali berulang lewat kasus Bakmi Mewah VS Real Meat? Mari kita tengok hasil survey online yang digelar JakPat terhadap 402 responden di Indonesia pada 11 Agustus 2016 ini.
Dari hasil survei tersebut terungkap bahwa respon konsumen Indonesia terhadap rasa Bakmi Mewah dan Real Meat nyaris seimbang. Sebanyak 51,24% responden mengatakan bahwa rasa Bakmi Mewah lebih enak dibandingkan Real Meat. Sedangkan sisanya, 48,76% mengaku bahwa rasa Real Meat lebih enak dibandingkan Bakmi Mewah.
Bicara soal iklan, maka ketika responden ditanya tentang iklan televisi mana yang paling diingat, 83,58% menjawab iklan Bakmi Mewah. Hanya 16,42% responden yang menjawab paling ingat iklan Real Meat di televisi.
Dari sisi ketersediaan produk di toko, 65,42% mengaku paling mudah menemukan produk Bakmi Mewah di toko. Sementara itu, hanya 34,58% yang mengaku paling mudah menjumpai produk Real Meat di toko.
Sebaliknya, ketika responden ditanya tentang produk mana yang paling value for money (harganya cocok dan rasanya enak), maka Real Meat sedikit mengungguli Bakmi Mewah. Ada 50,25% yang mengaku bahwa Real Meat paling value for money. Sedangkan 49,75%, mengaku bahwa Bakmi Mewah paling value for money.
Selanjutnya, ketika ditanya alasan mereka membeli Bakmi Mewah maupun Real Meat, mayoritas responden menjawab karena rasanya yang enak. Kemudian, diikuti oleh alasan karena konsumen ingin mencoba, serta mereka penasaran dengan produknya.