MIX.co.id - Layanan fintek dan manajemen keuangan menyeluruh, Aspire, bermitra dengan Haptik, solusi API untuk Whatsapp Business, untuk mendukung pedagang (sellers) di platform media sosial. Salah satu dukungannya adalah dengan mengintegrasikan solusi pembayaran langsung ke WhatsApp melalui platform Interakt milik Haptik.
Kemitraan itu memudahkan proses berjualan online dengan integrasi fitur payment link Aspire ke platform Interakt. Aspire juga membantu bisnis mengoptimalkan potensi mereka melalui edukasi praktik terbaik beriklan serta insentif cashback beriklan di berbagai platform pemasaran digital.
Seiring dengan pergeseran perilaku konsumen ke belanja online dan mobile, platform seperti Instagram dan Facebook menjadi kunci bagi penjual untuk memasarkan produk dan berinteraksi dengan pelanggan. Penjual sering mengarahkan pembeli potensial ke WhatsApp untuk komunikasi yang lebih personal dan bertransaksi langsung—sebuah pendekatan yang dikenal sebagai chat commerce. Metode ini memberikan kemudahan dan pengalaman yang lebih dekat bagi pelanggan.
Kolaborasi ini menghadirkan solusi lengkap untuk memudahkan operasional para penjual sosial. Antara lain, Integrasi Gateway Pembayaran dari Aspire-Duitku, dimana penjual dapat membuat dan membagikan tautan pembayaran aman langsung di WhatsApp, memungkinkan pengelolaan pesanan dan transaksi berjalan tanpa putus dalam satu platform. Fitur ini membantu mengurangi tingkat cart abandonment dan menyederhanakan proses pembayaran.
Selanjutnya, Platform Interakt dari Haptik. Dengan memanfaatkan API WhatsApp Business, Interakt menyediakan fitur seperti respons cepat dan interaksi yang dipersonalisasi untuk meningkatkan komunikasi antara bisnis dan pelanggan.
Aspire juga memberikan pelatihan kepada penjual tentang strategi periklanan yang efektif di platform media sosial, termasuk cara membuat konten yang menarik dan menargetkan audiens secara tepat. Untuk mengoptimalkan usaha pemasaran digital penjual, Aspire juga menawarkan insentif cashback bagi penjual yang memasang iklan di platform media sosial seperti Meta dan TikTok. Salah satu contoh acara edukasi Aspire, didukung oleh Interakt by Haptik.
Solusi ini tidak hanya dianut oleh penjual di media sosial, tetapi juga oleh perusahaan-perusahaan besar. Contohnya, perusahaan hotel booking ternama seperti OYO yang juga memanfaatkan teknologi chatcommerce untuk memperlancar interaksi dan pembayaran pelanggan, sehingga menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi dan memperkuat loyalitas pelanggan.
Dengan menyederhanakan proses checkout dan memungkinkan komunikasi instan, kolaborasi ini menjawab kebutuhan konsumen terhadap pengalaman belanja yang nyaman dan cepat di era mobile-first. Solusi ini membantu penjual mengurangi tingkat cart abandonment sekaligus meningkatkan penjualan.
"Kami berkomitmen untuk mendukung pelaku usaha dengan menyediakan fitur yang mendukung strategi penjualan dan menghilangkan hambatan dalam pembayaran," ungkap Ferdy Nandes, General Manager Aspire.
Sementara itu, Ahshad Jussawala, CEO Jio Haptik, mengimbuhkan, "Kemitraan kami dengan Aspire memungkinkan penjual memberikan pengalaman belanja tanpa hambatan di WhatsApp, meningkatkan keterlibatan pelanggan, dan mendorong pertumbuhan bisnis."