MIX.co.id - Penetrasi digital di Indonesia mengalami peningkatan di masa pandemi. Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), 78,18% rumah tangga di Indonesia telah menggunakan internet pada tahun 2020, di mana tahun sebelumnya hanya 73,75%. Kenaikan tersebut didorong oleh pandemi Covid-19 yang memaksa masyarakat melakukan aktivitas keseharian mereka dengan menggunakan platform digital.
Fakta itulah yang mendorong para pengelola merek berlomba-lomba untuk menghadirkan pengalaman digital kepada konsumen. Asuransi Astra misalnya, setelah sukses menghadirkan digital customer experience melalui platform Garda Mobile--yang di dalamnya tersedia Garda Otocare, Garda Medcare, Garda Mall--kembali merilis inovasinya dengan menghadirkan Garda Healthtech.
Menggandeng Halodoc, Garda Healthtech ditujukan untuk masyarakat Indonesia yang sadar dan peduli akan asuransi kesehatan yang dapat memberikan perlindungan menyeluruh, kemudahan dalam mengaksesnya, dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Salah satu layanan yang dihadirkan Garda Healthtech layanan konsultasi online dengan dokter. Bahkan, jika sakit masih berlanjut, konsumen bisa melanjutkannya dengan layanan konsultasi offline.
Dijelaskan Rudi Chen, CEO Asuransi Astra, “Kami hadirkan Garda Healthtech, karena memang ada kebutuhan itu. Kami optimis Garda Healthtech prospektif ke depannya. Apalagi, premi yang kami tawarkan tercatat terjangkau.”
Untuk memaksimalkan sosialisasi produk Garda Healthtech, baik kepada pelanggan hingga masyarakat umum, Asuransi Astra menggunakan strategi komunikasi pemasaran yang terintegrasi, antara lain melalui iklan, Public Relations (PR), aktivasi secara online dan offline, hingga memanfaatkan website, sosial media, dan informasi yang akan dibagikan secara langsung oleh garda terdepan di seluruh kantor layanan Asuransi Astra.
“Kami juga melakukan edukasi dan membangun awareness Garda Healthtech pada GIIAS 2021,” lanjut Rudi yang menyebutkan bahwa berdasarkan premi, kontribusi segmen komersial dan health masih mendominasi 60%, sedangkan sisanya disumbang oleh segmen otomotif.
Ditambahkan Chief Marketing Officer Retail Business Asuransi Astra Gunawan Salim, pada GIIAS kali ini, Asuransi Astra juga menawarkan hadiah spesial berupa Air Purifier atau Voucher Car Detailing, atau asuransi kesehatan Garda Healthtech khusus untuk 175 pembeli pertama yang membeli perlindungan komprehensif Garda Oto secara tunai.
Lebih jauh ia menegaskan, hingga enam hari penyelenggaraan GIIAS 2021, sudah ada 1.150 SPK (Surat Pemesanan Kendaraan). “Kami berharap, jumlah SPK selama GIIAS 2021 akan sama dengan GIIAS 2019, yakni mencapai 4.973 SPK,” Gunawan menargetkan.