MIX.co.id - Asuransi Astra menggelar program literasi keuangan dan kesehatan “KITA (Kesehatan dan Literasi Keuangan Keluarga) #PerempuanBermakna”, pada hari ini (8/3), di Jakarta. Menggandeng Ajinomoto, program “KITA #PerempuanBermakna” dikemas dalam format talkshow dan demo masak.
Bertepatan dengan Hari Perempuan Sedunia Internasional yang jatuh setiap 8 Maret, KITA #PerempuanBermakna juga hadir sebagai bagian dari kampanye kehumasan #PerempuanBermakna. Objektifnya, untuk memberikan literasi dan edukasi, di mana salah satunya merupakan literasi finansial bagi para perempuan.
Pada sesi awal, KITA #PerempuanBermakna ini membahas mengenai perencanaan dan pengelolaan keuangan dari perspektif seorang Ibu hebat yang dibangun dari pengalaman manis hingga pahit seorang Nucha Bachri, public figure yang berkonsentrasi di bidang empowerment, yang menekankan pentingnya transparansi dengan pasangan terkait pengelolaan keuangan keluarga.
Pada sesi yang sama, Angela Anindita, Head of PR & Activations Asuransi Astra, juga berbagi cerita tentang manajemen risiko dan urgensi kepemilikan asuransi sebagai salah satu bentuk proteksi keuangan keluarga.
Ditegaskan Head of PR, Marcomm, & Event Asuransi Astra Laurentius Iwan Pranoto, menjadi seorang ibu bukanlah hal yang mudah. “Seperti kita ketahui, peran yang harus dilakoni beragam. Ibu tidak hanya berperan sebagai istri dalam rumah tangga. Ibu juga memiliki andil dalam pengambilan keputusan di rumah tangga yang perlu dijalani dengan terampil, cerdas, dan bijak,” ucapnya.
Lebih jauh Iwan menambahkan, para ibu bukanlah manusia dengan kekuatan super. Segala upaya tetap selalu dikerahkan yang terbaik. Namun, hidup adalah belajar, sehingga jika kurang sempurna dan menimbulkan kesalahan, maka perlu diperbaiki dan dipelajari kembali. “Kami berharap acara hari ini dapat membantu ibu-ibu menjalankan perannya, terutama mengalokasikan keuangan yang tepat guna,” harapnya.
Sesi selanjutnya, diisi oleh Ajinomoto dengan mengedukasi tentang pentingnya nutrisi yang baik pada makanan untuk keluarga. Sesi kali ini dibawakan oleh dr. Raissa Edwina Djuanda, M. Gizi, Sp. GK. Tidak sendirian, dr. Raissa ditemani oleh Mona Ratuliu, seorang Ibu dan influencer sosial media yang turut membagikan tips cermat, hingga pengalaman sebagai seorang ibu dalam mengatur makanan yang bernutrisi untuk keluarga. Ajinomoto juga bekerjasama dengan Chef Aboudd yang memberikan demo masak “Masako Ayam Kecap” dan “Sup Bakso ala Masako” yang diambil dari Dapurumami.com.
“Acara hari ini diharapkan dapat mendorong dan meningkatkan kemampuan serta membangkitkan kesadaran dan kepedulian masyarakat, terutama seorang ibu terhadap pentingnya penerapan gizi seimbang dalam keluarga, yang dapat membantu meningkatkan kualitas kesehatan yang lebih baik,” terang Head of Public Relations Department Ajinomoto Grant Senjaya.
Selain itu, menurutnya, acara hari ini juga sebagai bentuk ajakan kepada ibu yang hadir dan masyarakat Indonesia untuk berani mencegah stunting pada pertumbuhan anak-anak melalui penyajian makanan yang bergizi. “Ini merupakan salah satu langkah konkret kami sebagai Health Provider dalam membantu meningkatkan harapan hidup sehat keluarga Indonesia,” jelas Grant Senjaya.