Bak Tongkat Sakti, Ini Kecanggihan Stylus S Pen di Galaxy Note20 Series

Sejak pertama kali dirilis, Samsung Galaxy Note Series identik dengan kecanggihan S Pen yang membawa pengalaman stylus terdepan di perangkat smartphone.

Pencapaian tersebut tidak membuat Samsung berpuas diri. Malah sebaliknya, perusahaan asal Korea itu meningkatkan perfoma S Pen ke level tertinggi di Galaxy Note20 Series.

“Samsung telah meningkatkan kemampuan stylus ini untuk menjadikannya sebagai S Pen paling powerful yang pernah ada untuk mendukung penggunanya dalam menuangkan kreativitas secara instan di Galaxy Note20 Series,” ujar Taufiqul Furqan, Product Marketing Manager Samsung Mobile Samsung Electronics Indonesia baru-baru ini.

Galaxy Note20 Series dibekali dengan S Pen yang telah dirancang untuk memberikan pengalaman menulis dan menggambar serupa menggunakan pena asli. S Pen ibarat tongkat sihir yang serba bisa untuk membantu memenuhi segala kemudahan yang diinginkan pengguna.

Secara fisik, S Pen memiliki bobot hanya sekitar 3 gram serta diameter ujung pena 0,7mm. Khusus untuk Galaxy Note20 Ultra, S Pen yang ditanamkan di dalamnya memiliki tingkat latensi yang begitu rendah, yaitu hanya 9ms.

Latensi tersebut jauh menyusut jika dibandingkan dengan S Pen di Note 10 sebelumnya yang besarnya di angka 42 ms sehingga S Pen di Galaxy Note20 ini benar-benar menyuguhkan pengalaman menulis yang luar biasa dengan tingkat presisi yang tinggi serta tingkat respons yang cepat.

Melalui kehadiran Galaxy Note 20 Series baru ini Samsung memperluas fitur yang ada di S Pen yakni Air Action yang kini bisa digunakan untuk menjalankan fungsi-fungsi lain. Misalnya saja fungsi navigasi perangkat yang kini bisa dilakukan dengan S Pen tanpa harus menyentuh layar.

Caranya sangat mudah, ujung S Pen cukup diarahkan ke layar smartphone tanpa menyentuh. Kemudian tekan tombol di S Pen sambil menggoyang-goyangkan S Pen sesuai tutorial, maka S Pen akan menjalankan fungsi (action) tertentu.

Fungsi seperti membuka halaman belakang (back), membuka aplikasi yang baru saja dilihat (recent apps) atau kembali ke menu awal (home) dapat dengan mudah oleh S Pen tanpa menyentuh layar sama sekali.

Ada juga fungsi lainnya seperti Smart Select untuk menangkap screenshot di area yang dipilih dengan S Pen, dan Screen Write untuk mengambil tangkapan layar dan kemudian membuat gambar atau catatan lain di atasnya.

Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkan S Pen untuk menjalankan aplikasi kamera seperti melakukan zoom-in atau zoom-out, melakukan perintah Screen Capture, hingga membuka Smart Select untuk membuat GIF.

S Pen pun memungkinkan penggunanya untuk menulis di layar Galaxy Note20 Series tanpa membuka kuncinya atau aplikasinya terlebih dahulu, sehingga menciptakan pengalaman menulis yang instan dan menyenangkan.

Caranya, cukup ambil S Pen dari perangkat, tulis berbagai ide, catatan penting, hingga pekerjaan yang harus dituntaskan langsung di layar, dan hasil tulisan bisa langsung ditempatkan di layar utama atau disimpan di dalam aplikasi Samsung Notes.

Agar lebih experiences, S Pen bisa diatur sebagai shortcut untuk memanggil aplikasi tertentu. Pengguna bisa mengkustomisasi dan menentukan fungsi apa yang ingin mereka jalankan oleh gerakan-gerakan di S Pen ini. Gestur Air Actions pun bisa dibuat menjalankan aplikasi tertentu sesuai keinginan.

Perbedaan (diferensiasi) S Pen Galaxy Note20 Series ini benar-benar memberikan pengalaman yang tidak ditemui pada generasi series Galaxy sebelumnya. Pengalaman menulis, menggambar atau corat-coret sesuatu di Galaxy Note 20 Series seperti menulis atau menggambar di kertas asli, bukan pada sebuah smartphone dan pena digital.

Saat ujung pena stylus menyentuh area layar smartphone, seketika itu juga coretan tampil di layar. Fungsi ini benar-benar seperti menulis atau menggambarkan sesuai di kertas asli dengan pena asli.

Tak keliru jika banyak kalangan menyebutkan bahwa S Pen di Galaxy Note20 Series ibarat tongkat sakti yang bisa menjalankan apa saja sesuai keinginan pemilik tongkat itu. Kepiawaian S Pen ini semakin powerful karena ditunjang oleh fitur-fitur pada Galaxy Note20 Series yang mengedepankan kecanggihan. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)