Maraknya bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) salah satunya dipicu oleh perkembangan internet di Indonesia. Lantaran, channel digital menjadi alternatif pilihan yang terhitung efektif bagi para pelaku UKM. Terbukti, tak sedikit UKM yang menggelar upaya marketing komunikasi serta penjuala mereka lewat internet maupun social media.
Presiden Direktur XL Dian Siswarini mengungkapkan, “Tingkat penetrasi internet pada masyarakat Indonesia semakin luas. Ini berarti semakin banyak konsumen yang mencari referensi belanja melalui internet dan layanan digital. Oleh karena itu, sudah saatnya rekan-rekan pelaku UKM untuk tidak ragu lagi memanfaatkan jaringan internet dan teknologi digital guna meningkatkan produktivitasnya. Apalagi, saat ini sudah tersedia layanan 4G LTE yang memungkinkan akses lebih cepat dan stabil untuk koneksi internet.”
Demi menjawab kebutuhan segmen UKM, pada pertengahan Desember ini, XL menghadirkan layanan khusus “DigiBiz”. Layanan itu merupakan platform yang bersifat solusi digital yang sangat mudah diterapkan. XL pun cukup serius mengembangkan program itu. Ditandai dengan investasi sekitar Rp 500 miliar untuk tiga tahun ke depan guna mengembangkan “DigiBiz” ke depan.
Ditambahkan Dian, dengan memanfaatkan jaringan internet dan teknologi digital, pelaku UKM bisa meningkatkan daya saingnya, terutama dalam menghadapi perusahaan bermodal besar. “Internet memungkinkan pelaku UKM untuk dapat mengatasi keterbatasan cakupan wilayah pemasaran dan promosi. Melalui media internet, pengusaha UKM di satu kota kecil bisa mengenalkan produk dan memasarkannya ke berbagai daerah, yang tanpa internet mustahil bisa mereka lakukan,” katanya.
Saat ini, menurut Dian, sudah banyak sekali UKM yang memanfaatkan keunggulan pemasaran melalui internet dan digital. “Mereka juga memanfaatkan keberadaan sejumlah e-commerce atau pasar digital yang menawarkan tempat promosi dan pemasaran. Dengan cara itu, biaya dan efektivitas pemasaran pun bisa lebih dimaksimalkan,” tuturnya.
Ada tiga manfaat yang ditawarkan DigiBiz. Pertama, Product Solution, yaitu berbagai solusi produk layanan yang relevan untuk dapat mendukung bisnis UKM. Kedua, Business Solution, di mana pelanggan akan mendapatkan manfaat yang bersifat non-telco, antara lain tempat berjualan, promosi, pinjaman, dan informasi bisnis. Ketiga, Network atau jejaring, yaitu secara tidak langsung pelanggan UKM akan mendapatkan jaringan bisnis dengan cakupan yang lebih luas dengan memanfaatkan aplikasi DigiBiz.
Hadirnya internet cepat 4G LTE, tambah Dian, akan menambah kekuatan konten-konten data untuk keperluan promosi dan pemasaran para UKM. Kekuatan tersebut antara lain lewat format yang lebih informatif seperti video. “Teknologi 4G LTE akan memungkinkan video bisa lebih mudah diakses dengan kualitas maksimal. Dengan Video, informasi yang lebih menarik dan informatif terkait suatu obyek layanan atau produk bisa lebih ditampilkan. Misalnya, mengenai jasa layanan tertentu, yang mungkin akan lebih bisa dijelaskan menggunakan video daripada sekadar gambar atau tulisan,” tutupnya.