MIX.co.id - Tiga tahun pandemi telah mengubah kebiasaan masyarakat Indonesia, termasuk mengubah kondisi perekonomian dan bisnis. Perubahan itu tentu saja harus disikapi secara bijak oleh para pelaku bisnis, tanpa terkecuali bisnis ritel seperti Transmart.
Diakui Satria Hamid, Vice President Corporate Communications PT Trans Retail Indonesia (Transmart), penghapusan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejak tahun 2022 sehingga 100% kegiatan masyarakat dapat kembali dilakukan secara offline, merupakan sinyal positif bagi bisnis.
“Kondisi saat ini menjadi kesempatan baik bagi perekonomian Indonesia untuk kembali bangkit, salah satunya dunia ritel. Seluruh pelaku bisnis ritel yang terdampak akibat pandemi Covid-19 yang lalu, kini berpacu untuk mengejar ketertinggalan sebelumnya,” kata Satria.
Menjawab perubahan itu, Transmart melakukan sejumlah inovasi yang diharapkan dapat menjawab ekspektasi masyarakat akan pemenuhan kebutuhan pokok, gaya hidup, refreshment, dan pengalaman berbelanja baru dalam satu konsep. Satria menegaskan bahwa Transmart menjawab perubahan perilaku dan harapan konsumen yang jauh berbeda dibandingkan dengan masa sebelum pandemi dengan berbagai inovasi baru.
Setelah sebelumnya menawarkan konsep 4 in 1 yang memadukan konsep berbelanja, bermain, kuliner, dan hiburan untuk keluarga, di tahun 2023 ini, Transmart telah menghadirkan Baby Corner yang menyediakan segala kebutuhan anak dengan tampilan yang menarik dan dilengkapi dengan playground untuk buah hati. Konsumen sudah dapat merasakan pengalaman belanja ini di Transmart Emporium dan segera di Transmart Cempaka Putih. “Nikmati pengalaman belanja di Transmart dan berikan kebahagian bagi buah hati dengan bermain di playground yang kami sediakan, gratis dengan hanya berbelanja di Transmart,” terang Satria.
Tren kekinian dengan Korean Food, kesadaran akan energi ramah lingkungan, kebutuhan akan event-event tempat masyarakat berkumpul dan mengekspresikan diri serta tren digital e-commerce menjadi area inovasi yang telah dihadirkan maupun sedang dipersiapkan oleh Transmart sebagai kejutan-kejutan yang ditawarkan bagi konsumennya ditengah persaingan yang ketat para peritel Indonesia.
“Kami sudah menghadirkan berbagai inovasi baru bagi konsumen kami. Selain itu, juga ada banyak kejutan baru yang akan kami berikan dalam waktu dekat. Dan seluruh inovasi ini juga didukung dengan kerja sama strategis bersama Grab untuk mengakomodir kebutuhan konsumen yang tetap memilih untuk berbelanja secara online. Konsumen kami juga dapat menikmati fasilitas diskon dan kemudahan yang ditawarkan oleh Transmart melalui kerja sama kami dalam ekosistem CT Corp dengan diskon 10% menggunakan aplikasi bank digital Allo Bank maupun fasilitas bank Mega,” papar Satria.