Tepat memasuki usianya yang ke-20, pada Oktober ini, PT XL Axiata Tbk (XL) memutuskan untuk serius menggarap layanan Mobile Broadband. Layanan Mobile Broadband merupakan layanan terbaru dari XL yang akan segera diluncurkan ke pasar. Layanan tersebut menggunakan perangkat router atau MiFi untuk membagi koneksi internet cepat 4G secara Wifi ke 10 hingga 32 smartphone atau laptop. Dengan demikian, hal itu akan makin memudahkan masyarakat Indonesia dalam mendapatkan akses internet cepat 4G, meski belum memiliki ponsel 4G.
Dikatakan Yessie D. Yosetya, Direktur/Chief Service Management Officer XL, “XL selalu berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam membangun infrastruktur jaringan mobile broadband di Indonesia. Tak hanya di pulau Jawa, namun juga di wilayah luar pulau Jawa. Untuk itu, memasuki usia yang ke-20, kami terus menggencarkan kesiapan jaringan, termasuk layanan mobile broadband. Langkah ini sebagai bagian dari kontribusi XL dalam membantu pemerintah membangun masyarakat menuju Indonesia Unggul.”
Layanan mobile broadband XL, sejatinya merupakan jawaban atas kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap layanan internet yang berkualitas, cepat, dan stabil, guna mendukung berbagai aktivitas individu. Layanan tersebut sekaligus akan mempercepat adopsi masyarakat atas layanan internet 4G LTE.
“Selain itu, layanan mobile broadband yang disediakan XL juga merupakan respon atas terus meningkatnya permintaan terhadap layanan data berkapasitas besar. Salah satunya, video. Data menunjukkan sepertiga dari populasi Indonesia saat ini telah akrab dengan internet. Sekitar setengahnya sangat tergantung dengan internet untuk menunjang aktivitas keseharian. Sekitar 22 persen dari pengguna internet tersebut mengakses layanan video secara online,” lanjut Yessie.
Fakta itu diperkuat dengan semakin meningkatnya permintaan dari kalangan bisnis kecil dan menengah (UKM) atas layanan internet cepat yang berkualitas. “Mereka membutuhkan akses internet terutama untuk menunjang aktivitas pemasaran dan promosi. Pada era digital seperti saat ini, menjual produk berarti harus mampu menampilkan produk layanan dalam format gambar dan video untuk bisa merebut perhatian pasar atau konsumen,” tegas Yessie.
Untuk itu, berbagai persiapan pun tengah dilakukan XL terkait layanan Mobile Broadband. Antara lain, menyiapkan jaringan 4G LTE secara khusus untuk memastikan kualitas koneksi,menyiapkan stok paket Mobile Broadband dalam jumlah yang memadai, hingga menyiapkan layanan purnajualnya. “Tak kurang dari 250 ribu paket Mobile Broadband telah siap kami pasarkan melalui berbagai gerai penjualan di seluruh kota 4G,” ujar Chief of Prepaid Business Officer XL David Arcelus Oses.
Adapun perangkat router atau MiFi dalam paket Mobile Broadband XL, lanjutnya, memiliki spesifikasi teknis terbaik di kelasnya untuk dapat digunakan secara maksimal pada jaringan 4G LTE. Mobile Broadband XL juga didukung oleh jaringan 4G yang berkualitas yang dilengkapi dengan teknologi 4T4R dan alokasi spektrum selebar 15 MHz. Dengan demikian, Mobile Broadband XL akan mampu memberikan kestabilan dan kecepatan akses internet hingga 150 Mbps.
Bagaimana dengan distribusi layanan Mobile Broadband XL? Dijawab David, untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh layanan Mobile Broadband, XL telah mempersiapkan seluruh saluran penjualan. “Saluran penjualan itu mencakup seluruh kota di Indonesia yang telah ter-cover oleh layanan 4G. Masyarakat dan pelanggan juga dapat mendapatkan layanan Mobile Broadband di seluruh outlet XL, baik tradisional, modern, juga online,” tegasnya.
Sebagai tahap awal, lebih dari 250 ribu paket Mobile Broadband akan tersedia di 36 XL Center dan XPLOR, serta gerai milik XL di berbagai pusat penjualan ponsel. “Pelanggan dan masyarakat juga dapat memperoleh Mobile Broadband di lebih dari 200 ribu retail outlet nasional, berbagai layanan e-commerce ternama, serta toko-toko ponsel. “Jalur penjualan khusus juga telah dipersiapkan bagi pelanggan retail dan pelanggan korporat,” tambahnya.
Page: 1 2
MIX.co.id - Tahun 2023, BCA Digital secara proaktif dan konsisten menginisiasi kegiatan literasi, edukasi, dan…
MIX.co.id – Memperingati Hari Ibu, Kalbe Nutritionals melalui salah satu produknya Prenagen Lactamom meluncurkan kampanye…
MIX.co.id - Sebagai bagian dari tanggung jawab sosialnya, Erha Clinic meluncurkan program circular economy "Start…
MIX.co.id - Sepanjang 2024, Smartfren telah menggelar rangkaian program corporate social responsibility (CSR) melalui lima…
Isu keberlanjutan kini menjadi fokus global, mendorong perusahaan dan masyarakat untuk menemukan cara yang dapat…
MIX.co.id - Pada kehidupan modern saat ini, berbagai aktivitas manusia sering memberikan dampak buruk terhadap…