Begini Komitmen DANA terkait Emansipasi Perempuan

DANA tercatat sebagai perusahaan yang turut mendukung emansipasi perempuan. Komitmen DANA terhadap emansipasi perempuan ini dibuktikan dengan jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) perempuan di DANA yang terus meningkat. Sejak 2019 hingga sekarang, pertumbuhannya mencapai 142%. Bahkan, jumlah SDM perempuan di DANA telah mencapai 30% dari total SDM.

Selain itu, perempuan juga banyak yang menempati posisi penting dan strategis di DANA, yaitu 30% di level manajerial dan 40% di level eksekutif. Contohnya, Monita Moerdani, yang kini menempati posisi Chief Marketing Officer DANA dan Agustina Samara, yang menempati posisi Chief People & Corporate Strategy DANA.

Dituturkan Agustina, untuk meneruskan semangat perjuangan Kartini, perlu dibuka kesempatan yang sebesar-besarnya bagi perempuan, bukan saja dalam hal akses literasi digital, tapi juga peluang berkarya di industri digital.

“Saya bersyukur bisa mendapatkan kesempatan berkarir dan menduduki posisi yang cukup strategis di DANA. Saya merasakan, DANA sebagai perusahaan teknologi finansial sangat membuka kesempatan bahkan melakukan empowerment agar perempuan Indonesia bisa maju,” ungkapnya dalam diskusi virtual bertajuk ‘DANA Kartinian: Woman with Impact’, yang digelar hari ini (23/4).

Sementara itu, menurut Monita, Revolusi Industri 4.0 merupakan momentum yang harus dimanfaatkan, karena merupakan potensi bagi para perempuan untuk bekerja di industri digital. Kehadiran teknologi digital seharusnya membuat perempuan Indonesia lebih berdaya guna. Sebab, teknologi yang ada saat ini sudah sangat membantu para perempuan untuk memanfaatkan menjadi peluang bisnis atau berkarya bahkan tanpa harus meninggalkan anak-anaknya di rumah.

“Literasi digital bagi kaum perempuan secara umum adalah bagaimana memanfaatkan teknologi tersebut dalam keseharian mereka. DANA dmendukung hal ini dengan merancang program dan produk yang dibuat untuk mendorong perempuan Indonesia yang lebih mandiri serta bisa meningkatkan adopsi digital bagi perempuan yang lebih merata. Teknologi DANA dapat memetakan bukan hanya demografi pengguna, tapi juga jumlah mitra DANA Bisnis perempuan, rentang usia hingga kategori usaha perempuan,” tandas Monita.

Hingga saat ini, dari total pengguna DANA yang telah mencapai 60 juta, jumlah pengguna perempuan tercatat tak kalah banyak dari jumlah pengguna pria. Sebanyak 82% dari pengguna perempuan berasal dari kalangan generasi Z dan milenial.

Sementara itu, rata-rata perempuan menggunakan aplikasi DANA untuk kebutuhan transfer, pembelian pulsa, dan pembayaran tagihan. Bahkan, jumlah perempuan pengguna DANA Bisnis juga memiliki jumlah yang cukup tinggi dibandingkan pria, dengan 46% di antaranya adalah milenial. Tiga bidang usaha yang banyak digeluti oleh mitra DANA Bisnis perempuan di antaranya adalah kuliner, pakaian, health & beauty spa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)