Segmen menengah di kota-kota menengah menjadi target penetrasi dan ekspansi Sun Life Financial Indonesia. Minggu kedua di awal 2016 ini, perusahan asuransi tersebut resmi membuka tiga kantor pemasaran baru di kota Malang dan Gresik, Jawa Timur. Di Malang mereka membuka dua kantor pemasaran konvensional baru, sementara di Gresik mereka tempatkan satu kantor pemasaran syariah. Dengan pengembangan tersebut, Sun Life kini memiliki 102 kantor pemasaran konvensional dan 47 kantor pemasaran syariah yang tersebar di 60 kota seluruh Indonesia.
“Kota-kota menengah di Jawa Timur, seperti Malang dan Gresiki memiliki potensi yang besar baru Sun Life. Tahun lalu Jawa Timur menyumbangkan 14% pendapatan bagi Sun Life,” tutur Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia.
Berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) Malang tahun 2014, Kabupaten Malang memiliki total penduduk 2,5 juta jiwa, 70 persen diantaranya merupakan usia produktif. Letaknya yang berada di tengah selatan Jawa Timur serta dibatasi oleh enam kecamatan dan Samudra Indonesia, menjadikan daerah ini tempat bisnis yang strategis. Gresik juga berlokasi cukup dekat dengan kota Surabaya dan berfungsi sebagai penyangga ibu kota Surabaya serta pusat perekonomian Jawa Timur dan Indonesia bagian Timur.
Acara peresmian kantor baru tersebut dilakukan oleh Kevin Strain, Presiden Sun Life Financial Asia, bersama Elin Waty. Dijelaskan oleh Elin, pembukaan cabang-cabang baru di kota-kota menengah merupakan bagian dari ekspansi bisnis perusahaan secara berkelanjutan, melalui pengembangan keagenan dan peningkatan layanan nasabah. “Kami berusaha menyediakan akses yang lebih mudah bagi nasabah. Tahun lalu kami juga telah memindahkan kantor Agency recruitment and Development Center (ARDC) di Surabaya ke lokasi yang lebih strategis,” lanjut Elin.
Strain memaparkan, strategi Sunlife dalam menggarap pasar Indonesia adalah dengan meningkatkan jumlah agen, meningkatkan produktivitas dan mengembangkan jalur distribusi. Dengan strategi tersebut, hingga akhir 2015 Sun Life berhasil mengembangkan jumlah agen hingga mencapai lebih dari 9.000.
Pembukaan kantor-kantor pemasaran baru di beberapa kota di Indonesia adalah bagian dari rangkaian kegiatan Sun Life untuk memulai tahun 2016. Dalam kaitan tersebut, Elin menjelaskan selama tiga hari ini (dari 10-12 Januari) mereka telah mengumpulkan 1.200 tenaga penjual dari berbagai penjuru Indonesia di Surabaya untuk mengikuti program Year Start 2016. Program tersebut dirangkai dengan berbagai kegiatan lain seperti pertemuan tenaga penjual, jalan santai dan kegiatan program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan yang bertujuan menginspirasi para tenaga penjual untuk turut berkontribusi pada pencapaian target perusahaan dalam hal produksi, pertumbuhan jumlah tenaga penjual, dan jumlah agen aktif.