Begini Tren Belanja Konsumen Indonesia di Masa New Normal

Visa Consumer Payment Attitudes Study 2020 mengungkapkan, kondisi 'new normal' telah mendorong konsumen Indonesia untuk mempertimbangkan platform eCommerce sebagai sarana ideal untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Hasil studi yang dilakukan terhadap 1.000 responden di Indonesia pada Agustus hingga September 2020 ini, menunjukkan bahwa tiga produk dan layanan terpopular yang dibeli di platform eCommerce selama tiga bulan terakhir sampai periode survei adalah top-up dan pembayaran tagihan (49%), belanja ritel (45%), dan pemesanan makanan (34%).

Sementara itu, tiga metode pembayaran eCommerce terpopular selama tiga bulan terakhir sampai periode survey adalah dompet digital (65%), transfer bank (30%), dan transfer ke akun virtual (27%). Adapun  pembayaran dengan kartu kredit dan debit terus diminati di platform eCommerce, lantaran didorong penawaran diskonnya yang menarik.

Temuan menarik lainnya dari studi ini adalah bertumbuhnya digital-first commerce. Artinya, banyak konsumen baru berbelanja secara online atau melalui channel media sosial untuk pertama kalinya, karena pandemi. Ada 56% responden yang berbelanja online melalui aplikasi atau situs, 40% mengaku berbelanja melalui kanal media sosial, 43% berbelanja dengan pengiriman langsung setelah memesan secara mobile, dan hanya 26% yang mengaku berbelanja di toko fisik.

Dijelaskan Riko Abdurrahman, Presiden Direktur Visa Indonesia, “Pandemi saat ini terus mengakselerasi pergeseran menuju perdagangan yang mengutamakan digital, diperkuat oleh terjadinya lonjakan first-time online shoppers dan belanja contactless. Studi kami menunjukkan banyak konsumen telah merasakan manfaat eCommerce dalam mengelola transaksi sehari-hari mereka, termasuk membayar listrik, air, telepon rumah, telepon seluler, internet, dan tagihan berlangganan lainnya.”

Adapun fitur eCommerce yang paling diminati adalah ongkos kirim (ongkir) gratis (69%), diskon atau voucher (64%), kemudahan membayar (55%), respon cepat dari penjual (53%), dan review pelanggan (50%).

Berangkat dari fenomena itu, Visa menggelar kampanye 'Lebih Nyaman NonTunai'. Melalui kampanye ini, Visa terus aktif bermitra dengan platform eCommerce untuk mendukung pertumbuhan usaha kecil dan mikro, dengan menawarkan promosi diskon yang menarik, baik bagi penjual maupun konsumen.

Pada ramadhan tahun ini misalnya, Visa menawarkan berbagai promosi diskon di berbagai platform eCommerce seperti Shopee, Tokopedia, dan JD.ID. Visa juga menawarkan diskon Rp 35 ribu untuk pembelian minimum makanan senilai Rp 70 ribu saat memesan makanan melalui GoFood, untuk pengguna kartu Visa yang baru pertama kali mengaktivasinya di aplikasi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)