Begini Upaya Kemendes PDTT Promosikan 6 Kabupaten Perbatasan

Melanjutkan program "Border and Invesment Summit 2015" dan "Forum Bisnis dan Investasi Daerah Perbatasan 2016", akhir tahun 2017 ini, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menggelar "Forum Bisnis" di Surabaya.

Objektif dari program tersebut adalah mendorong 6 Bupati di daerah perbatasan untuk memasarkan potensi wilayahnya kepada calon investor. Melalui diskusi panel forum bisnis tersebut, Bupati dari Nunukan, Kapuas Hulu, Belu, Rote Ndao, Morotai dan Maluku Tenggara Barat bergantian menyampaikan paparannya di Hotel Garden Palace, Surabaya, pada awal Desember ini.

Dikatakan Maks Yoltuwu, Direktur Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu Kemendes PDTT, "Kami berharap, melalui exposur masing-masing bupati, dapat menggugah investor untuk mengembangkan daerah perbatasan sesuai potensinya masing-masing."

Selain mengundang para calon investor, diterangkan Maks, para peserta forum bisnis juga mendapatkan pembekalan-pembekalan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Kamar Dagang dan Industri (KADIN). BKPM menyampaikan kebijakan-kebijakan dalam rangka mendukung insentif investasi khusus di Kabupaten Daerah Perbatasan. Sedangkan KADIN menyampaikan perannya dalam meningkatkan investasi sektor riil di Kabupaten Daerah Perbatasn.

"Dukungan juga datang dari PT Mitra Bumdes Nusantara untuk meningkatkan investasi ekonomi di desa dan kawasan pedesaan berbasi Bumdes. Rangkaian Forum Bisnis ini juga akan dilengkapi dengan seminar dan talkshow," lanjutnya.

Inilah Potensi 6 Kabupaten Daerah Perbatasan

#1 Kapuas Hulu

Menurut Johozua Yoltuwu, kabupaten ini memiliki potensi yang baik untuk investasi di bidang pertanian, perkebunan, perikanan, pariwisata, dan pertambangan. Produksi ubi jalar mencapai 1.284 ton per tahun, dan ubi kayu 8.516 ton. Produksi perkebunan kelapa sawit 17.751 ton, dan karet 15.822 ton per tahun. Produksi peternakan mencapai 10.519 ekor sapi setiap tahun, dan 16.472 babi. Perikanan laut juga sangat potensial di Kapuas Hulu, mencapai produksi 2.098 ton per tahun. Sedangkan potensi tambang, terbuka lebar untuk berbisnis pertambangan batubara dan emas. Sejumlah perwakilan dari kabupaten Kapuas akan hadir di dalam event ini, untuk menjelaskan dan menjalin komitmen bisnis.

#2 Nunukan

Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, yang berbatasan dengan Sabah, Malaysia, juga merupakan salah satu kabupaten yang memiliki potensi menggiurkan untuk berbisnis dan mengembangkan usaha. Terutama di sektor perikanan laut.

Nunukan sedang mencari investasi Rp 57 miliar, baik dari pemerintah maupun swasta, untuk mengembangkan taman laut (marine technopark) seluas 50 hektar. Juga akan membuat area budidaya rumput laut seluas 3.300 hektar yang membutuhkan investasi hingga Rp 146 miliar. Untuk perikanan tangkap, Nunukan membutuhkan suntikan investasi hingga Rp 95 miliar, guna meningkatkan produksi. Sedang perikanan budidaya butuh Rp 46 miliar. Investasi itu diperlukan untuk membeli kapal, alat tangkap, gudang penyimpanan, biaya operasional dan tenaga kerja.

Halaman Selanjutnya
#3 Belu...
Pages: 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)