Layanan VIP Shipment Orami.
Memasuki semester kedua 2016, situs belanja online Orami (sebelumnya dikenal sebagai Bilna) menghadirkan konsep layanan pengiriman terbaru, yaitu VIP Shipment berupa layanan Same-Day Delivery atau pengiriman yang dilakukan di hari yang sama dengan pemesanan. Selain sebagai inovasi, layanan ini juga sebagai upaya mewujudkan visi Orami sebagai destinasi belanja online nomor 1 untuk wanita di Asia Tenggara.
“Layanan Same-day Delivery kami persiapkan untuk membuat pengalaman berbelanja pelanggan menjadi lebih mudah dan cepat. Hal inilah yang menjadi dasar dari visi kami, dan fitur ini adalah salah satu prioritas dalam strategi kami,” ucap Hendrawan Kartika, Group Chief Operating Officer Orami.
Sebelum Orami, perusahaan e-commerce raksasa asal Amerika, Ebay, juga sempat menggunakan layanan Same-day Delivery. Namun, layanan tersebut resmi ditutup tahun lalu dikarenakan kendala ketersediaan stok, proses pengiriman, sekaligus intensitas kurir yang membutuhkan biaya tinggi.
“Layanan Same-day Delivery tidak selalu cocok untuk semua model bisnis online. Dalam kasus Ebay, kita berbicara tentang C2C marketplace dengan salah satu jaringan penjual terbesar, termasuk warga biasa yang menjual barang-barang bekas di rumah mereka tanpa memiliki etalase toko sama sekali. Kurir harus menjemput barang ke lokasi penjual, sebelum mengantarkan pesanan ke pembeli. Seringkali, para kurir harus berhadapan, tidak hanya dengan kompleksitas jarak, namun juga jadwal dari para penjual tersebut. Hal ini memerlukan armada pengiriman yang siap sedia sepanjang waktu yang hampir pasti menyebabkan tingginya biaya,” jelas Hendrawan.
Belajar dari pengalaman Ebay, ia pun mengakui bahwa ketersediaan produk adalah tantangan terbesar yang menentukan keberhasilan layanan Same-day Delivery. Sebagai e-commerce yang dikenal dengan produk kebutuhan ibu, bayi & anak sebagai inti bisnisnya, Orami memiliki sendiri stok yang tersedia di warehouse/hubs di beberapa kota di sekitar Jakarta. Tidak seperti situs marketplace dimana ketersediaan produk tidak bisa dijamin.
Otomatisasi juga merupakan sebuah tantangan dalam segi teknis dan logistik. Manajemen warehouse membutuhkan informasi stok yang tepat sesuai dengan ketersediaan secara fisik, agar produk dapat segera didapatkan dan dikirimkan. Dan yang terakhir, Indonesia adalah negara dengan lebih dari 18.000 pulau, sehingga geografi adalah tantangan utama pelaku bisnis.
“Di Orami, kami memiliki tim dan infrastruktur yang terdedikasi untuk layanan Same-day Delivery, mulai dari gudang dan distribution center sampai tim kurir interne-commerce, Orami, layanan VIP Shipmental sendiri. Secara internal, fitur Same-day Delivery yang dimiliki Orami ini dinamakan VIP Shipment karena perusahaan berkomitmen untuk memberikan layanan berkualitas tertinggi untuk memenuhi ekspektasi customer, terutama konsumen yang berbelanja kebutuhan secara mendesak,” pungkas Hendrawan.