MIX.co.id - Komunitas masih dinilai efektif oleh para pemilik atau pengelola merek untuk mengedukasi market. Tak heran, hampir semua merek memilih pendekatan ke komunitas sebagai salah satu strategi pemasaran mereka.
Bahkan, merujuk data Sosial Media Line dan Kominfo sejak 2008 sampai 2021, jumlah komunitas di Indonesia mencapai hampir 400 ribuan, tepatnya 395 ribu komunitas. Komunitas ini ada di berbagai platform social media seperti IG, FB, Twitter, YouTuber, Tiktok, dan sebagainya.
Oleh karena itu, tahun ini, PT Asia Health Energi Beverages (AHEB) sebagai produsen Kratingdaeng, memutuskan untuk membidik komunitas, dengan menggelar program "Kratingdaeng Community". Melalui program tersebut, Kratingdaeng ingin memberikan wadah bagi komunitas serta merangkul sekaligus mendukung komunitas maupun generasi muda Indonesia dalam melakukan aktivitasnya.
Diungkapkan Ricky Suhendar, CMO AHEB, dalam acara Media Gathering yang digelar secara online pada hari ini (21/4), "Kami sebagai produsen suplemen kesehatan ingin mewadahi dan memberikan dukungan kepada semua komunitas di bidang apapun yang bisa memberikan inspirasi kepada seluruh masyarakat, khususnya generasi muda. Kami menyebutnya Kratingdaeng Community."
Lebih jauh ia menjelaskan, salah satu aktivitas yang akan segera digelar adalah kompetisi bagi komunitas dengan total hadiah ratusan juta ruoiah. Komunitas dapat mengirimkan berbagai kegiatan atau pengalaman menarik yang telah dilakukan pada periode Januari 2019 hingga Desember 2021 melalui microsite www.kratingdaengcommunity.com.
Selanjutnya, kegiatan atau pengalaman menarik berupa narasi cerita, foto, atau video dari komunitas-komunitas itu akan dinilai oleh dewan juri dan pemenangnya akan diumumkan saat Community Awarding di akhir tahun 2022.
"Beberapa aktivitas dan cerita komunitas yang menarik akan kami maksimalkan exposure-nya melalui tayangan podcast dengan nama K-Talk yang akan tayang setiap bulannya di Youtube Kratingdaeng Indonesia. Harapan kami, Kratingdaeng Community ini dapat memberikan inspirasi dan mampu memberikan energi positif kepada komunitas lainnya serta berdampak kepada masyarakat yang lebih luas lagi,” lanjutnya.
Diakui Ricky, komunitas juga menjadi salah satu kanal edukasi bagi Kratingdaeng. Artinya, selain mengedukasi masyarakat dengan aneka pengalaman dan cerita yang inspiratif, melalui komunitas, Kratingdaeng juga mengedukasi market terkait produknya.
Salah satunya, mengedukasi market bahwa Kratingdaeng sebagai suplemen kesehatan di kategori minuman berenergi aman dikonsumsi. Karena, Kratingdaeng mengandung Taurin, Kafein, Inositol, dan Vitamin B Kompleks yang dapat meningkatkan konsentrasi, energi, dan kesegaran tubuh selama beraktivitas sepanjang hari. Kratingdaeng juga suplemen kesehatan yang aman dikonsumsi setiap hari, karena sudah terdaftar di BADAN POM dan juga mendapat sertifikasi halal dari MUI.
Sementara itu, Komunitas Caiden Indonesia yang diwakili oleh Septa Adrian, yang juga hadir pada acara media gathering itu, menyepakati dan mendukung rencana AHEB untuk membentuk Kratingdaeng Community. “Arah komunikasi sekarang memang lebih mengarah pada kegiatan-kegiatan interaktif. Masyarakat sudah lebih bijaksana, cermat, dan cerdas dalam memilih produk atau pilihan lainnya. Apalagi dengan munculnya komunitas-komunitas yang diikuti secara sukarela, karena memang mereka membutuhkan informasi dari komunitas yang diikutinya,” ucapnya.