Categories: News Trend

Bidik Pebisnis Indonesia, HKTDC akan Gelar 9 Pameran Dagang

Tahun ini, HongKong melalui HongKong Trade Development Council (HKTDC) terlihat makin serius menggarap pasar Asia, termasuk Indonesia. Hal itu ditandai dengan digelarnya 30 pameran dagang setiap tahunnya oleh HKTDC, di mana 11 dari pameran tersebut merupakan pameran terbesar di Asia dan 5 di antaranya merupakan yang terbesar di dunia.

Diungkapkan Leung Kwan Ho, Direktur HKTDC Indonesia, sembilan pameran internasional tersebut akan diadakan di HongKong pada bulan September, Oktober, dan November 2017 mendatang. Pameran tersebut mencakup pameran jam dan jam tangan, pakaian, barang elektronik, produk pencahayaan, teknologi dan produk bersih (green products and technology), kacamata, anggur, dan berbagai produk-produk lainnya. “Pameran ini akan menjadi platform ide bagi para pedagang dan pemasok dari Indonesia untuk memperluas bisnis mereka ke pasar baru,” yakinnya.

Dibidiknya Indonesia oleh HKTDC tak lepas dari riwayat hubungan perdagangan antara HongKong dan Indonesia. Saat ini, Indonesia tercatat sebagai mitra dagang terbesar ke-21 bagi HongKong. Dalam tujuh bulan pertama tahun 2017, total nilai perdagangan antara HongKong dan Indonesia mencapai lebih dari US$ 3,2 miliar. Sementara itu, total ekspor HongKong ke Indonesia sebesar US$ 1,8 miliar dan nilai impor dari Indonesia mencapai US$ 1,4 miliar.

“Untuk makin memperkuat hubungan bilateral kedua negara, setiap tahunnya HKTDC menyelenggarakan lebih dari 30 pameran untuk mengumpulkan pembeli dan pemasok dari kedua negara. Pengalaman sebelumnya, 30 pameran yang diselenggarakan oleh HKTDC berhasil menarik lebih dari 38.000 peserta pameran dan 770.000 pengunjung dari seluruh dunia pada tahun fiskal 2016/2017,” urai Leung.

Dari jumlah tersebut, ditambahkannya, ada lebih dari 900 peserta pameran dan lebih dari 34.000 pembeli dari ASEAN. Hal itu menunjukkan bahwa perusahaan ASEAN sangat antusias untuk mencari peluang bisnis melalui platform pameran HKTDC. “Pameran dagang berkelas dunia ini merupakan kombinasi pameran dan pembeli berkualitas internasional,” akunya.

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa bersama dengan majalah cetak, HKTDC.com, pasar online, dan aplikasi mobile, HKTDC memperkenalkan 4-in-in integrated marketplace untuk menciptakan kondisi yang menguntungkan bagi para pedagang internasional dalam membentuk kemitraan dan mengembangkan bisnis mereka di Hong Kong.

Ia berharap akan ada lebih banyak perusahaan Indonesia yang mengeksplorasi peluang bisnis dan memasuki pasar global melalui pameran yang dihelat HKTDC. “Kami sangat mendorong semua pembeli, distributor, dan pengecer Indonesia datang ke HongKong untuk merasakan manfaat berbisnis melalui pameran dagang HKTDC,” tuturnya.

Sementara itu, menurut Desey Muharlina Bungsu, Buyer dari Blibli.com, kehadirannya di salah satu pameran yang digelar HKTDC banyak memperoleh benefit. “Waktu itu, kami ikut pameran CentreStage untuk katgori fashion and beauty. Ada banyak manfaat yang berhasil kami dapatkan dari sana. Mulai dari tren fashion dalam setahun terakhir, hingga bertemu pontensial desainer dari internasional maupun Indonesia,” ceritanya.

Berikut ini 9 Pameran Dagang yang siap digelar HKTDC di September hingga November 2017:

1. Hong Kong Watch & Clock Fair (5-9 September)
2. CENTRESTAGE (6-9 September)
3. Hong Kong Electronic Fair (Autumn Edition) (13-16 October)
4. ElectronicAsia (13-16 October)
5. Eco Expo Asia – International Trade Fair on Environmental Protection (26-29 October)
6. Hong Kong International Lighting Fair (Autumn Edition) (26-29 October)
Hong Kong International Outdoor and 7. Tech Light Expo (27-30 October)
8. Hong Kong Optical Fair (8-10 November)
9. Hong Kong International Wine & Spirits Fair (9-11 November)

Dwi Wulandari

Recent Posts

Airscream UK Hadir di JIVE Expo 2024, Ajak Pengunjung ‘Scream Out Load’

MIX.co.id – Airscream UK, merek vape atau rokok elektrik asal Briston, Inggris, semakin agresif meningkatkan…

10 hours ago

KGSB Kembali Gelar Pelatihan Psychological First Aid Batch II

MIX.co.id - Merujuk survey yang dilakukan Indonesia-National Adolescent Mental Health Survey (I-NAMHS) 2022 lalu, 1…

14 hours ago

Foot Locker Gandeng IBL dan Umumkan Tiga Brand Ambassador

Brand Marketing Senior Manager Foot Locker Indonesia Vitra Widinanda, memberikan keterangan pers saat mengumumkan Brand…

22 hours ago

Formula Gelar Kampanye “Awal Kekuatan Beribu Kebaikan” di 2024

MIX.co.id - Merujuk audit ritel yang dilakukan oleh Nielsen Indonesia, Sikat gigi Formula dari OT…

22 hours ago

Penjualan Tembus 50 Ribu Pieces, Implora Luncurkan Peeling Gel Ukuran Besar

MIX.co.id - Sejak diluncurkan pada Maret 2024 lalu, Implora berhasil menjual Peeling Gel berukuran 50…

1 day ago

Sharp Garap Pasar Smartphone di Bali

MIX.co.id - Serius menggarap pasar smartphone di Indonesia, tahun ini, Sharp Indonesia memperluas area penjualannya…

1 day ago