Memiliki sederet brand yang terkait dengan makanan, membuat Unilever memutuskan untuk menggandeng berbagai food editor di Jakarta, pada tahun 2011 lalu. Para food editor yang berasal dari berbagai media itu, kemudian diwadahi dalam sebuah komunitas yang disebut Jakarta Food Editor’s Club (JFEC).
Unilever bakal meluncurkan blog FoodEditorsClub.com, yang diharapkan dapat menjadi wadah bagi para food editor untuk berbagi informasi seputar makanan dan gaya hidup.
Dijelaskan Aurelio Kaunang, Media Relation Manager PT Unilever Indonesia Tbk, secara berkala Unilever menggelar kegiatan on ground dengan mengundang para food editor untuk berpartispasi. Menariknya, acara dikemas bak sebuah arisan.
Selain sharing session seputar isu makanan, gizi, lifestyle, dan sebagainya, dengan mengundang para ahli, ada juga games interaktif seperti lomba menghias es krim Wall’s, menghias roti dengan Blue Band, dan lomba lainnya.
“Acara selalu ditutup dengan kocok arisan, yang berhadiah aneka hadiah menarik. Bahkan, di bulan Maret ini, tepatnya pada JFEC ke-9, acara komunitas JFEC digelar di Bandung. Mereka kami ajak untuk menikmati kuliner di sana,” lanjut Rio.
Dalam waktu dekat, Unilever bakal meluncurkan blog Food Editors Club.com. Blog tersebut diharapkan dapat menjadi wadah bagi para food editor untuk berbagi informasi seputar makanan dan gaya hidup. Termasuk, menjadi rujukan bagi masyarakat. “Konten dari blog ini akan diisi oleh member JFEC serta ada konsultasi dengan para ahli. Kemudian, juga akan ada link-nya dengan akun online media si penulisnya,” lanjutnya.
Jika sebagai pilot project, JFEC dianggap sukses, menurut Rio, tidak tertutup kemungkinan komunitas ini akan diadopsi ke daerah-daerah lainnya. Tentu saja, akan disesuaikan dengan karakter di daerahnya masing-masing. “Lewat komunitas ini, selain mampu menciptakan engagement dengan jurnalis, kami pun dapat memperoleh insight serputar food dan lifestyle dari mereka,” Rio menutup.