Ada tiga insight menarik tentang fenomena Ramadhan yang melatarbelakangi peluncuran program aktivasi Unilever untuk produk menteganya, Blue Band. Satu, Hari Raya Idul Fitri merupakan momen kejayaan paling dinanti oleh seluruh pelaku industri bakery dan pastry. Menurut data Kemenperin 2015, kenaikan permintaan sajian kue meningkat tajam minimal 50% pada periode menjelang lebaran.
Dua, Ramadhan dan Lebaran merupakan salah satu momentum bagi umat Islam Indonesia untuk mudik atau pulang kampung, fenomena unik yang jarang ditemukan di negara lain. Selain untuk hidangan Lebaran, kue kering juga sering dijadikan oleh-oleh oleh para pemudik.
Tiga, ada beberapa tantangan yang dihadapi para pengusaha bisnis bakery dan pastry dalam menyambut peak season ini. Antara lain terbatasnya inspirasi ide dan kreativitas, keterbatasan informasi mengenai teknik pengolahan yang tepat untuk mendapatkan daya tahan kue yang optimal, serta teknik pengemasan yang baik dan benar untuk mendukung pengiriman.
Ketiga insight besar itulah yang melatari aktivitas Unilever Food Solution (UFS) ketika meluncurkan sembilan resep terbaru sebagai tren kue lebaran, yang sekaligus bisa difungsikan sebagai oleh-oleh mudik Ramadhan dan Idul Fitri 2017. Ke-9 resep yang diantarkan oleh Blue Band Master tersebut adalah Napoleon Cake, Cheese Cracker with Glazing, Raisin Cinamon Cookies, Choco Green Tea Cookie, Bull Eyes, Almond Lover Cookies, Choco Rustic Cake, Coffee Butterscotch Sponge, dan Banana Pie.
Peluncuran ke-9 resep dirangkai dengan aktivitas “Blue Band Master Grand Demo” di delapan kota yang dimaksudkan sebagai solusi bagi para pelaku industri bakery dan pastry. Selain berbagi inspirasi resep, grand demo juga dimaksudkan untuk berbagi teknik produksi melalui demo resep-resep tersebut. "Dengan demikian para pelaku bisnis pastry dan bakery bisa bertambah pengetahuan seputar teknik pengolahan kue yang baik dan benar," papar Siswanto, profesional baker dari UFS sembari tak lupa menyelipkan message mengenai kualitas produk Blue Band.
Fitri Amelda, Regional Sales Manager Unilever Food Solutions, mengatakan bahwa Blue Band Master telah hadir di Indonesia lebih dari 80 tahun serta menemani setiap perjalanan para pelaku industri bakery dan pastry dari masa ke masa yang ingin mempersembahkan kreasi kue terbaiknya bagi para pelanggannya. "Kami menyadari bahwa momen Ramadhan dan Idul Fitri merupakan salah satu momen terpenting bagi masyarakat Indonesia, terutama para masterbaker," ujarnya.
Mengangangkat tema “Berbagi Kebahagiaan di Mudik Lebaran 2017,” Grand Demo ini merupakan salah satu wujud komitmen Blue Band untuk terus menginspirasi para masterbaker melalui tren kue atau oleh-oleh untuk Mudik Lebaran 2017 sekaligus menjawab beragam tantangan yang banyak dialami oleh para pelaku industri bakery dan pastry di Indonesia.
Yenny Agustin, Pemilik Jenny Brown, yang menjual aneka meltedbrownies mengatakan agar dapat bertahan di tengah persaingan, dirinya butuh beragam inovasi berkesinambungan. Selain itu ia juga menghadapi berbagai kendala. Mulai dari terbatasnya inspirasi ide dan kreativitas seputar kue atau oleh-oleh—sehingga produknya terlihat kurang bervariasi dan monoton, terbatasnya informasi dalam hal teknik pengolahan yang tepat untuk mempertahankan daya tahan kue lebih lama, hingga terbatasnya pengetahuan seputar pengemasan yang baik dan benar.
Menurut Yenni, hal-hal seperti itu tidak jarang membatasi para pemilik bisnis bakery atau pastry untuk memperluas pangsanya di pasar oleh-oleh atau bahkan hingga ke luar negeri. Padahal tak sedikit pemilik bisnis kue rumahan yang berpotensi untuk menjadi sangat besar.
Tahun ini, Grand Demo akan dilaksanakan di delapan kota di seluruh Indonesia, yaitu Jakarta, Bogor, Bandung, Malang, Yogyakarta, Palembang, Medan, dan Makassar. Khusus untuk pelaku industri ini, Blue Band Master akan memberikan promo spesial extravolume di tahun ini khusus bagi pelaku industri bakery dan pastry. (Bintari)