Membidik generasi digital, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI meluncurkan kanal pemasaran baru berbasis chatting dengan nama Cinta--kependekan dari Chat with your INTelligent Advisor. Kanal tersebut untuk melayani generasi digital dalam melakukan transaksi perbankan.
GM Divisi E-banking BNI Anang Fauzie menerangkan bahwa Cinta menawarkan tiga value utama, yaitu thoughtfulness, familiarity, dan simplicity. Tiga value utama ini dapat diberikan oleh Cinta atas dukungan teknologi terkini, yaitu chatbot dan artificial intelligence (AI). "BNI senantiasa berinovasi dengan teknologi terkini dan membuka lebar peluang kolaborasi dengan fintech/ startup. Cinta adalah Intelligent Advisor yang merupakan hasil kolaborasi antara BNI dengan startup AI BJTech, yang dipersembahkan bagi masyarakat luas demi kemajuan bangsa dan menghadapi tantangan revolusi industri ke 4," tandasnya.
Soft launching Cinta dihelat di yap! Experience Booth, Jakarta Internasional BNI Java Jazz Festival 2018, Jakarta, pada awal Maret ini (4/3). Turut menyaksikan launching tersebut Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara, Komisaris BNI Joni Swastanto, SEVP Teknologi Informasi BNI Dadang Setiabudi, GM Divisi E-banking BNI Anang Fauzie.
Ditambahkan Dadang, thoughtfulness merupakan keunggulan Aplikasi Cinta. Dalam hal ini Cinta memiliki kemampuan mempelajari dan menganalisa perilaku pengguna aplikasi chat, sehingga dapat mengerti keinginan penggunanya. Cinta dapat memberikan penawaran produk, transaksi, dan program promo yang sesuai dengan kebutuhan dan ketertarikan masing-masing pengguna. Cinta memiliki kemampuan ini karena didukung oleh teknologi artificial intelligence (AI).
"Keutamaan lain Cinta adalah Familiarity, dimana BNI melalui Cinta memanfaatkan budaya chatting yang sudah akrab dengan masyarakat sebagai alat utama untuk melakukan transaksi perbankan dengan cara chatting (bercakap) dengan Cinta di media aplikasi chatting. Teknologi chatbot yang dilengkapi oleh natural language processing (NLP), membuat Cinta dapat bercakap dengan bahasa kasual sehingga masyarakat merasa seperti sedang chatting dengan manusia," papar Dadang.
Kini, Cinta hadir di beberapa aplikasi chatting terpopular, yaitu Facebook messenger (FBM) dengan nama BNI CINTA, di Twitter dengan nama @bni_cinta, dan di LINE dengan nama BNI CINTA (profile ID @bnicinta). "Adapun fiturnya adalah informasi seputar produk layanan BNI, program promosi BNI, locator (ATM, Cabang BNI dan Agen 46). Fitur ini akan segera dikembangkan dengan pelayanan perbankan seperti pembukaan rekening, pembayaran/ pembelian, akses layanan permodalan bagi usaha kecil dan menengah, serta produk layanan lain seperti asuransi, kartu kredit, dan pinjaman konsumer," tutup Dadang yang menyebutkan bahwa Cinta juga terintegrasi dengan yap! dan channel digital BNI lainnya seperti Mobile Banking, BNI contact center, Agen46, dan ATM.