MIX.co.id – PT BNI Sekuritas (BNI Sekuritas), berkolaborasi dengan Tomoro Coffee dan Bursa Efek Indonesia (BEI) menggelar acara Sekolah Pasar Modal (SPM).
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya literasi finansial, khususnya dalam hal investasi di pasar modal. Rencananya, program SPM akan berlangsung hingga 2025 dengan tujuan untuk mendidik generasi Milenial dan GenZ mengenai investasi yang cerdas dan bijak.
Teddy Wishadi, SEVP Retail Markets & Technology BNI Sekuritas, menjelaskan bahwa pemilihan Tomoro Coffee sebagai mitra SPM didasarkan pada kemampuannya untuk menarik perhatian generasi muda.
“Kerja sama ini sejalan dengan upaya kami untuk meningkatkan literasi dan edukasi di kalangan generasi muda, mengingat semakin banyaknya investor di bawah usia 40 tahun dari kalangan Milenial dan GenZ,” ujarnya di sela-sela kegiatan SPM yang diselenggarakan di Tomoro Coffee, Grand Depok City, Rabu (6/11).
Data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per Juni 2024 menunjukkan bahwa sekitar 79-80 persen investor individu di pasar modal Indonesia berusia di bawah 40 tahun, dengan 55,38 persen di antaranya berusia di bawah 30 tahun.
Kelompok ini mengelola total aset sebesar Rp50,75 triliun, sementara investor berusia 31-40 tahun mengelola Rp119,13 triliun, mewakili 24,09 persen dari total aset pasar.
Sedangkan menurut laporan Higo Digital Manual 2024 disebutkan bahwa sekitar 66,40 persen Milenial memilih coffee shop sebagai tempat favorit untuk bersantai, dan 75,24 persen Gen Z lebih memilih coffee shop dibandingkan restoran. Hal ini menunjukkan bahwa coffee shop merupakan tempat yang menarik bagi GenZ untuk bersosialisasi, belajar, dan bekerja.
Kegiatan SPM di Tomoro Coffee Grand Depok City dihadiri para Milenial dan GenZ yang tampak antusias untuk mendalami dunia investasi. Tim BNI Sekuritas memberikan paparan mengenai dasar-dasar investasi yang perlu diketahui oleh para investor pemula.
Tim juga memaparkan strategi dan cara berinvestasi yang bijak, serta manfaat menggunakan platform BIONS (BNI Sekuritas Innovative Online Trading Systems), sebagai sarana yang mempermudah transaksi investasi secara online.
Star Yuan, Direktur Utama Tomoro Coffee mengaku bangga bisa terlibat dan turut berkontribusi dalam meningkatkan literasi finansial di kalangan generasi muda.
“Kolaborasi ini menunjukkan komitmen kami yang tidak hanya menyediakan produk berkualitas, tetapi juga pada pemberdayaan generasi masa depan agar lebih siap dalam menghadapi tantangan keuangan,” lontarnya.
Hingga saat ini, BNI Sekuritas telah melakukan kegiatan SPM di lebih dari 10 cabang Tomoro Coffee yang tersebar di sejumlah wilayah dan dihadiri oleh ratusan peserta.
“Kegiatan ini merupakan langkah penting dalam menciptakan generasi yang paham investasi dan mampu menghadapi tantangan keuangan di masa depan,” tandas Teddy. ()