News Trend

BOSTON TEA PARTY: AMARAH, PEMBERONTAKAN, DAN LAHIRNYA REVOLUSI KOPI

Menurut laporan terbaru NCA tentang tren konsumsi kopi, minat terhadap kopi spesial mencapai titik tertinggi dalam 13 tahun terakhir. Dalam _”Specialty Coffee Report”_ yang dirilis pada 12 Juni, NCA mencatat bahwa 45% orang dewasa di Amerika mengonsumsi kopi spesial dalam sehari terakhir. Angka ini meningkat 80% sejak 2011 dan untuk pertama kalinya melampaui konsumsi kopi tradisional (44%).

“Pertumbuhan kopi spesial berperan besar dalam meningkatnya popularitas kopi secara keseluruhan. Laporan lengkap Spring 2024 National Coffee Data Trends (NCDT) menunjukkan bahwa 67% orang dewasa di Amerika minum kopi dalam sehari terakhir—angka tertinggi dalam dua dekade,” ujar NCA.

Survei nasional yang dilakukan oleh Dig Insights dan dirilis bersama Specialty Coffee Association (SCA) juga mengungkap bahwa 66% individu berusia 25-39 tahun mengonsumsi kopi spesial dalam seminggu terakhir, lebih banyak dibandingkan kelompok usia lainnya.

Kopi spesial mencakup berbagai minuman berbasis espresso seperti latte dan cappuccino; minuman non-espresso seperti cold brew dan nitro; serta kopi tradisional yang dianggap dibuat dari biji atau bubuk kopi premium. Tren ini mendorong berbagai merek untuk berinovasi dalam menghadirkan produk baru yang sesuai dengan selera konsumen.

Misalnya, Café Bustelo baru saja meluncurkan koleksi es kopi multi-saji pertamanya: Café Bustelo Espresso Style Iced Coffee. Koleksi ini hadir dalam tiga varian—Unsweetened, Sweetened, dan Vanilla—dengan cita rasa khas espresso dark roast Café Bustelo yang kaya dan beraroma kuat. Produk ini dikemas dalam botol 40 ons dan kini tersedia di Target, dengan rencana distribusi ke Walmart dan Kroger dalam waktu dekat.

“Kami melihat semakin banyak pelanggan kami, baik yang muda maupun yang lebih tua, beralih ke es kopi, namun tetap menginginkan cita rasa khas espresso dari Café Bustelo,” ujar Eduardo S. Merino, Manajer Merek Senior Café Bustelo.

“Produk baru ini menggabungkan keahlian kami selama hampir satu abad dalam meracik kopi dengan sensasi dingin yang menyegarkan, menciptakan pengalaman baru yang tetap terasa familiar bagi keluarga Café Bustelo. ¡Salud!”

Tak hanya itu, NESCAFÉ juga memperluas portofolionya dengan meluncurkan NESCAFÉ Gold Espresso dan NESCAFÉ Ice Roast di Amerika Serikat. Produk ini memberikan kesempatan bagi generasi baru untuk menikmati tren kopi berbasis espresso dan kopi dingin.

“Kebiasaan minum kopi di Amerika terus berkembang, dan kami melihat permintaan yang meningkat untuk minuman berbasis espresso dan kopi dingin, serta ketertarikan lebih besar terhadap pembuatan minuman berkualitas kafe di rumah,” kata Jonathan Iams, Direktur Pemasaran Merek NESCAFÉ AS. “Produk terbaru NESCAFÉ menghadirkan rasa berani dan kemudahan penyajian, memastikan setiap pecinta kopi dapat menikmati cangkir kopi sempurna tanpa kompromi.”

NESCAFÉ Gold Espresso, tersedia dalam varian Blonde dan Intense Roasts, siap disajikan secara instan tanpa perlu mesin. Sementara itu, NESCAFÉ Ice Roast—kopi pertama NESCAFÉ yang dapat larut dalam cairan dingin—dirancang untuk dicampur dengan air atau susu dingin. Dengan tingkat pemanggangan yang ringan serta dibuat dari 100% kopi murni yang bersumber secara bertanggung jawab, NESCAFÉ Ice Roast menghadirkan sentuhan rasa kakao yang kaya untuk menciptakan pengalaman minum kopi yang lembut.

Baik kopi berbasis espresso maupun non-espresso terus berkembang dalam kategori kopi spesial, menurut NCA.

“Popularitas kopi yang terus meningkat menunjukkan bahwa minuman favorit Amerika ini tetap relevan dengan selera konsumen, baik dalam mempertahankan tradisi maupun dalam menyesuaikan diri dengan perubahan tren,” ujar Bill Murray, Presiden dan CEO NCA.

“Ketertarikan konsumen terhadap kopi spesial juga sejalan dengan meningkatnya minat terhadap kesehatan dan kebugaran. Banyak penelitian independen yang menunjukkan bahwa peminum kopi hidup lebih lama, lebih sehat, dan lebih bahagia.”

Ke depan, akan menarik untuk melihat bagaimana tren kopi spesial terus membentuk industri kopi secara keseluruhan.

REFERENSI
Sabetta, L. (2024). Specialty coffee reaches new heights. Beverage Industry, 115(8), 19-22.

Page: 1 2Lihat Semua

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Incar Segmen Gamers, Haraku Ramen Luncurkan Mie Sepanjang 3,5 Meter

MIX.co.id - Haraku Ramen Halal, merek mie di bawah naungan Ismaya Group, meluncurkan menu edisi…

1 day ago

Pop Mart Buka Gerai Terbesar di Indonesia

MIX.co.id - Pop Mart kembali membuka gerai barunya di Mal Kota Kasablanka, Jakarta. Resni dibuka…

2 days ago

NEO hormoviton Gelar Power Up Challenge Luvminton’25

MIX.co.id – Mengawali tahun 2025, NEO hormoviton menghadirkan NEO hormoviton Power Up Challenge, kegiatan yang…

2 days ago

Kembangkan Pembiayaan Supplier, UOB Indonesia Gandeng LOTTE Mart dan LOTTE Shopping

MIX.co.id – UOB Indonesia menjalin kerja sama dengan PT LOTTE Mart Indonesia dan PT LOTTE…

2 days ago

‘Regal Springs Kitchen Talk’ Edukasi Manfaat Protein Ikan

MIX-co.id - Regal Springs Indonesia (PT Aqua Farm Nusantara) berkolaborasi bersama Direktorat Jenderal Penguatan Daya…

2 days ago

PAPDI Edukasi Cegah RSV dan Sosialisasi Pembaruan Jadwal Imunisasi Dewasa 2025

Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PB PAPDI) Dr. dr. Sally…

2 days ago