MIX.co.id - Demi mendukung gaya hidup berkelanjutan, Brightspot bersama Tokopedia dan Shop Tokopedia menghadirkan Taman Brightspot 2024 yang berlokasi di Urban Forest Cipete. Melalui program itu, keduanya ingin menghadirkan pengalaman eksplorasi karya merek lokal yang berbeda, dengan memberikan nuansa piknik di alam di tengah hiruk pikuk kota.
Dituturkan Anton Wirjono, Founder Brightspot Market dan Future 10, pada konferensi pers yang digelar hari ini (23/7), di Jakarta, Taman Brightspot 2024 kembali hadir di tahun ini dengan memberikan pengalaman praktik bisnis berkelanjutan, mulai dari inovasi sinergi antara e-commerce lokal dan pasar fisik, hingga bekerja sama dengan inisiatif lokal dalam pengelolaan sampah acara.
"Hal itu mempertegas komitmen kami dalam bisnis berkelanjutan dan dukungan terhadap usaha lokal. Kami juga menawarkan pilihan berakhir pekan berbeda yang lebih hijau untuk kaum urban dengan konsep piknik di tengah hiruk pikuk kota," lanjutnya.
Program ini merupakan kali kedua dalam pelaksanaan Brightspot dengan konsep piknik di Urban Forest Cipete. Lokasi ini kembali dipilih karena memberikan pengalaman alam yang menyegarkan di tengah kesibukan kota.
Taman Brightspot 2024 di Urban Forest menawarkan pengalaman menikmati akhir pekan yang asri dan teduh. Dengan lokasinya yang strategis, maka memungkinkan interaksi, kolaborasi, dan inspirasi yang produktif di antara komunitas dan pelaku industri kreatif lokal.
"Tokopedia dan ShopTokopedia, selalu berupaya mempermudah kehidupan masyarakat, khususnya pencinta produk buatan brand lokal, dengan berkolaborasi dan memberikan berbagai fitur yang memudahkan pengguna dalam bertransaksi online, sekaligus mendukung ekosistem UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia. Dukungan kami dalam acara Taman Brightspot 2024 adalah salah satu bukti nyata dari komitmen terhadap produk lokal dan pelaku industri kreatif," ungkap Hilda Kitti, Integrated Marketing Country Business Partner Tokopedia dan ShopTokopedia.
Lebih jauh ia menjelaskan, lolaborasi antara Tokopedia dan ShopTokopedia dengan Brightspot diharapkan dapat berperan sebagai katalisator inovasi yang bisa membuka peluang semakin besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional.
Sebelumnya, di Brightspot Mall, Signature Time membuat sebuah alat ukur psikologis distorsi kognitif dalam bentuk instalasi yang membantu anak-anak muda untuk mengenali dirinya sendiri. Karakter yang mencirikan keraguan mereka diwakili dengan musik bertema 80-an. “Di Taman Brightspot kali ini, dengan alat ukur yang sama, kami mau terus nyegerin lagi semangat mereka, bahwa keraguan dalam diri itu bukan sebuah hambatan tapi sebuah loncatan, dan itu mereka yang nentuin sendiri," imbuh Dimitrij Kartalaksana, Consumer Engagement Manager dari Signature Time.
Signature Time menyiapkan kembali sebuah alat ukur psikologis melalui instalasi Path of Passion. Nantinya, mereka yang hadir akan dapat merasakan jenis-jenis distorsi kognitif mereka dalam bentuk minuman. “Bukan cuma minuman, kami juga mengajak Brookland Coffee dan Illustrator, Reza Maulana, untuk berkolaborasi. Kami percaya, Path of Passion bisa membuka jalan buat para anak muda untuk terus berkarya, ngerjain yang mereka suka, dan selalu bisa Rasakan Nikmatnya Hidup," yakin Dimitri.
Keterjangkauan dan kenyamanan akses ke Taman Brightspot 2024 adalah hal yang sangat diperhatikan. Dengan letaknya yang strategis, tersedia berbagai pilihan transportasi, termasuk MRT Jakarta yang memberikan kemudahan pergerakan bagi para pengunjung.
MRT Jakarta (Perseroda) berkomitmen menyediakan layanan transportasi MRT yang mudah diakses, sehingga memungkinkan pengunjung Taman Brightspot 2024 untuk mengeksplorasi dan memanfaatkan potensi kreatif kota ini.
Sementara itu, BCA kembali menjadi mitra perbankan resmi untuk Taman Brightspot 2024. Hal ini menegaskan komitmen BCA dalam mendukung pelaku usaha kreatif lokal.
Taman Brightspot 2024 juga menjalin kemitraan dengan inisiatif lokal yang menekankan keberlanjutan dalam bisnis. Antara lain, Waste4Change, Nooveleum (perusahaan greentech yang berfokus pada partisipasi aktif dalam menjaga lingkungan melalui daur ulang minyak jelantah bekas), hingga Boolet (gerakan yang berfokus pada penyelesaian masalah sampah di Indonesia melalui pembangunan ekosistem ekonomi sirkular).
"Kali ini, kami menghadirkan 40 merek lokal terkurasi yang merupakan merchant Tokopedia dan Shop Tokopedia untuk brand retail. Kami turut mengkurasi 90 brand kuliner lokal untuk menemani suasana piknik urban. Pada minggu pertama dan kedua akan ada perbedaan tenant kuliner, untuk pengalaman explore kuliner dari tenant lokal yang lebih banyak lagi. Kami berharap Taman Brightspot 2024 bisa memperkuat sinergi antara e-commerce dan pasar fisik, yang akan menguntungkan lingkungan, ekonomi, serta memperkuat memperkuat fondasi bagi pertumbuhan bisnis lokal dan kesejahteraan komunitas," pungkas Anton Wirjono.