Setelah peluncuran Kampanye Pahlawan Pelapak pada pertengahan April 2016 lalu, pelaku UKM yang bergabung dengan Bukalapak meningkat signifikan, dari 450 ribu menjadi lebih dari 1 juta Pelapak. Peningkatan ini menembus angka 100% dan didorong dengan pertumbuhan pengguna yang mencapai angka 5 juta user.
Para Pelapak saat aksi donor darah yang digelar di kantor Bukalapa di Jakarta, pada Rabu (17/8).
“Saat ini, lebih dari 1 juta pelaku UKM telah bergabung di Bukalapak. Mereka tersebar dari Sabang sampai Merauke. Para pelapak juga mengalami peningkatan pendapatan per Pelapak hingga dua kali lipat. Bagi saya ini lebih dari sekedar pencapaian biasa. Ini hasil dari bahu membahu, gotong royong dan kerja sama kita semua,” ujar Achmad Zaky, Founder dan CEO Bukalapak.
Bertepatan dengan perayaan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2016 kemarin, Bukalapak bersama dengan para anggota komunitas Pelapak juga mengadakan aksi donor darah bersama di kantor Bukalapak. Lebih dari 100 Pelaku UKM mendonorkan darah yang dibantu oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Cilegon. Selain para Pelaku UKM, aksi ini turut dihadiri oleh Rotaract Club Semanggi, Diva Orthodontic, dan Blood for Life ID.
“Kami mengajak para Pahlawan Pelapak untuk turut berbagi dan mendonorkan darahnya. Kami berharap berkembang bersama Bukalapak tidak terbatas pada perkembangan usaha saja. Kami ingin hubungan yang kami miliki dengan para Pelapak lebih dari itu, lebih personal. Komitmen kami terhadap Pelapak sangat serius dan tidak main-main. Tumbuh dan berkembang bersama merupakan pencapaian yang tidak ternilai harganya,” ucap Zaky.
Selain aksi donor darah, Bukalapak juga menggelar kontes Ekspresi Kemerdekaan yang dimulai sejak 15 Agustus 2016-28 Agustus 2016. Kontes ini dapat diikuti seluruh Pelapak dengan mengunggah foto kemasan barang dagangan dengan bungkus merah putih ke Online Forum Komunitas Bukalapak. Para Pembeli juga dapat mengikuti kontes ini dengan mengunggah foto kegiatan mereka dalam rangka merayakan 17-an serta barang yang dibeli dari Bukalapak ke Instagram dengan tagar #17anBukalapak.
“Melalui perayaan 17-an dan Kampanye Pahlawan Pelapak ini, kami ingin mengapresiasi masyarakat Indonesia, yang tanpa mereka sadari adalah pahlawan bagi bangsa ini. Kami juga ingin mengajak masyarakat untuk bersama-sama bergotong royong membantu para pelaku UKM untuk terus berkembang agar roda ekonomi bangsa terus berputar,” tutup Achmad Zacky.