MIX.co.id - Pasar es krim di Indonesia masih sangat menggiurkan. Sejumlah pemain terus massif merangsek pasar. Sebut saja, Walls dari Unilever, Campina dari Ultra Jaya Group, Aice, Glico dari Wings Group, hingga brand lokal Diamond. Merujuk data Marketline, rata-rata pertumbuhan industri es krim di Indonesia pada periode 2015-2019 mencapai 10,4% per tahun (CAGR). Dari sisi demand, volume konsumsi pasar es krim pada periode yang sama juga bertumbuh 6,3% (CAGR) atau mencapai 105,3 juta kilogram pada 2019.
Bahkan pada masa pandemi, pasar es krim masih menjanjikan. PT Campina Ice Cream Industry Tbk. masih mencatatkan pertumbuhan. Hingga kuartal ketiga 2021, penjualan bersihnya bertumbuh 6,85% menjadi Rp 761,33 miliar. Salah satu pemicu bertumbuhnya bisnis Campina ini adalah inovasi yang senantiasa dihadirkan demi memenuhi kebutuhan konsumen, termasuk menjawab kebutuhan pasar di masa pandemi.
Dan salah satu inovasi yang dihadirkan Campina pada saat pandemik Covid-19 ini adalah rangkaian produk es krim varian rasa buah-buahan yang mengandung vitamin C hingga 90mg. Produk yang diluncurkan pada November 2021 ini hadir untuk memenuhi dua tantangan sekaligus pada masa pandemik, yaitu memenuhi kebutuhan vitamin C konsumen dan menjangkau segmen midlelow yang pasarnya membesar pada masa pandemik ini. Vitamin C menjadi salah satu kebutuhan yang tinggi di masa pandemik, karena dapat membantu menjaga daya tahan tubuh.
Juri Product of the Year 2022 dari Majalah MIX MarComm Dr. Edhy Aruman menilai meski levelofinnovation Es Krim Campina bervitamin C ini berada di level medium (level ke-2 dari 4 level inovasi), dari sisi strategi marketing, produk ini sangat strategis menyasar segmen yang lebih luas. Sementara Amalia E. Maulana PhD, menilai dari sisi investasi dan risiko, es krim Campina bervitamin C berada pada level medium.
Diungkapkan Adji Andjono, Sales & MarketingDirector PT Campina Ice Cream Industry Tbk, untuk es krim varian buah-buahan, yaitu Campina Go!Mango dan Campina Orange Plus, Campina menawarkan keunggulan sekaligus nilai lebih berupa kandungan Vitamin C 90mg.
“Kandungan tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan Vitamic C dalam satu hari (menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia). Mengingat, di masa pandemi konsumen perlu menjaga imun tubuh dengan asupan vitamin C yang cukup agar tetap bisa beraktivitas,” ucapnya.
Ditambahkan Mustofa Saadji, Marketing Manager PT Campina Ice Cream industry Tbk., Campina Orange Plus menyasar segmen anak-anak dengan harga Rp 2.500. Sedangkan Campina Go!Mango dengan kandungan buah mangga asli ditujukan untuk segmen remaja dengan harga Rp 5.000.
Peluang produk es krim bervitamin C ini, Diakui Mustofa, cukup besar. “Mengingat, selama pandemi, konsumen membutuhkan Vitamin C untuk menjaga imun tubuh dan memenuhi kebutuhan Vitamin C Harian,” ungkap Mustofa, yang menyebutkan saat ini, pangsa pasar Campina di pasar es krim telah mencapai 20%.
Produk es krim terbaru dari Campina sudah bisa diperoleh di minimarket, supermarket atau warung terdekat. Selain itu, produk es krim baru ini juga bisa dipesan dengan mudah dan cepat melalui kanal-kanal online maupun marketplace.