Cantik.com Ramaikan Pasar e-Commerce di Indonesia

Cantikcom

Perkembangan ekosistem digital rupanya memicu maraknya bisnis start-up dan e-commerce di Indonesia. Merujuk data KADIN dan APJII, pengguna media social saat ini tumbuh dari 59,8 juta di tahun 2013 menjadi 63 juta di tahun 2015. Sementara itu, bisnis e-commerce Indonesia juga turut bertumbuh, yakni dari US$ 8 miliar di tahun 2013 menjadi US$ 18 miliar di tahun 2015.

Tak mengherankan, saat ini tak sedikit bisnis berbasis digital, antara lain situs belanja online (e-commerce), bermunculan di Tanah Air. Paling anyar, pasar e-commerce Indonesia kedatangan pemain baru, Cantik.com.

Resmi diluncurkan pada pertengahan November 2015, Cantik.com menyajikan produk fesyen dan kecantikan untuk perempuan yang meliputi pakaian, busana muslim, sepatu, tas, aksesoris, dan produk kecantikan. Selain memenuhi kebutuhan penampilan perempuan Indonesia sehari-hari, Cantik.com juga menggandeng sejumlah selebriti seperti Chika Jessica dan Natasha Rizki yang dinilai mewakili wanita cantik Indonesia. Keduanya digandeng untuk mengembangkan koleksi khusus pakaian berlabel Cantik.com.

Diakui Antonius Bong, Chief Executive Officer Cantik.com, bukan tanpa alasan Cantik.com menyasar segmen perempuan. Saat ini perempuan merupakan populasi yang dominan dalam melakukan aktivitas pemenuhan kebutuhan gaya hidup. Mereka memiliki potensi yang besar dalam mengembangkan diri dan tampil cantik melalui produk fesyen dan kecantikan yang sesuai dengan dirinya.

“Oleh karena itu, Cantik.com memiliki keinginan yang kuat untuk membantu perempuan Indonesia tampil cantik dan fresh, namun tetap dengan budget yang rasional dalam menunjang gaya hidup mereka. Keberadaan dunia internet memungkinkan Cantik.com memenuhi kebutuhan tersebut secara efisien namun tetap dengan kualitas terjamin, harga terjangkau, dan transaksi yang aman,” kata Antonius Bong.

Menyikapi perkembangan mobile di Indonesia, Cantik.com kini juga mengembangkan tampilannya secara lebih cantik dalam desktop maupun mobile. Pengguna dapat berbelanja dengan mudah menggunakan konsep one-thumb operation di situs bergerak (mobile site) nya. Konsep one thumb itu memungkinkan pengguna Cantik.com menemukan produk yang dibutuhkannya secara lebih cepat dan mudah dengan melakukan scroll hanya menggunakan jempolnya dalam mobile site Cantik.com.

“Proses transaksi di Cantik.com dapat dilakukan dengan mudah dan sederhana melalui konsep pilihan, beli dan bayar dalam waktu 5 menit dengan berbagai pilihan metode pembayaran. Kami menjamin keamanan dan kemudahan bertransaksi melalui kemitraan dengan berbagai lembaga perbankan, sehingga pembayaran dapat dilakukan melalui bank transfer, kartu kredit VISA/Master Card, bahkan pembayaran di tempat (Cash on Delivery),” lanjutnya. Sementara itu, untuk sistem pembayaran online dan pengiriman produk, Cantik.com bermitra dengan Veritrans dan aCommerce yang memungkinkan produk yang dipesan dapat diproses dalam jangka waktu maksimal 1-8 hari kerja.

Hasilnya, sejak hadir pada Juni 2015 lalu, pertumbuhan transaksi Cantik.com saat ini telah mencapai rata-rata kenaikan sekitar 60% setiap bulannya. Berdasarkan jumlah subscriber Cantik.com, kini Cantik.com telah memiliki lebih dari 20,000 pengguna yang rata-rata berada di usia antara 15-50 tahun dengan status sosial signifikan di kelas B, C, dan D. “Mereka kebanyakan merupakan remaja, mahasiswi, pekerja kantor, dan ibu rumah tangga yang memiliki kepedulian terhadap gaya hidup dan penampilannya sehari-hari,” tambah Sam Tanuwidjaja, Chief Operating Officer Cantik.com dalam peluncuran Cantik.com di Jakarta (18/11).

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)