Capai 100 Juta Pengguna, Ini Strategi yang Dilancarkan DANA

MIX.co.id - Penghujung Februari ini, Dompet digital DANA sukses mencatakan kinerja positif, dengan berhasil mencapai 100 juta pengguna di seluruh Indonesia. Pencapaian ini menunjukkan upaya dan komitmen DANA dalam mendorong keuangan digital yang inklusif melalui solusi transaksi digital yang aman, mudah, dan nyaman.

Di balik pencapaian 100 juta pengguna, berbagai manfaat dompet digital DANA telah dirasakan masyarakat sepanjang tahun 2021. Berdasarkan pantauan DANA, setiap hari terjadi rata-rata 7 juta transaksi melalui dompet digital DANA yang tersebar di seluruh Indonesia untuk beragam pemenuhan kebutuhan, aktivitas, dan hiburan masyarakat. DANA juga melihat kini pengguna makin familiar dengan penggunaan QRIS dengan dompet digital DANA. Ada lebih dari 31 juta transaksi menggunakan QRIS di tahun lalu.

“Pencapaian ini menandakan makin besarnya penerimaan masyarakat terhadap teknologi keuangan dan dompet digital sebagai solusi pemenuhan kebutuhan sehari-hari, mulai dari hiburan hingga investasi jangka panjang. Pencapaian ini juga menjadi indikator positif menuju masyarakat Indonesia yang lebih cerdas keuangan digital dan mampu memberdayakan ekonomi bangsa,” ungkap Vince Iswara, CEO & Co-Founder DANA.

Sebagai jembatan bagi ekosistem ekonomi digital, lanjut Vince, dompet digital DANA terus berkomitmen untuk mengakomodir beragam kebutuhan dan membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mewujudkan keinginannya. Antara lain, dengan cara terus melakukan inovasi dan pembaruan fitur maupun melalui upaya-upaya kolaborataif dengan berbagai pihak, mulai dari industri hingga pemerintah daerah.

Pada awal tahun ini, DANA menjalin kerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Pontianak, Kalimantan Barat, untuk membantu digitalisasi dan pengembangan UMKM di daerah tersebut. Selain itu, DANA juga memperluas kemitraan strategis guna mengembangkan fitur-fitur yang semakin bisa memenuhi beragam kebutuhan masyarakat, mulai dari kebutuhan finansial hingga hiburan. Sejumlah mitra baru yang berhasil digandeng DANA, antara lain BPJS Ketenagakerjaan, Secure Parking, dan WeTV.

Dari segi dukungan terhadap UMKM, DANA juga secara akumulatif menggerakan lebih dari 400.000 UMKM yang makin percaya diri untuk berbisnis secara digital berkat verifikasi yang mudah. Dengan memanfaatkan DANA Bisnis, para pelaku UMKM tersebut berhasil menikmati lonjakakan transaksi hingga 35% dan terjadi 15 juta transaksi DANA Bisnis melalui QRIS.

DANA juga menghadirkan fitur Katalog Produk yang memungkinkan pelaku usaha memajang daftar barang usahanya secara digital dan membagikannya ke calon pembeli. Kehadiran fitur ini sangat dirasakan manfaatnya oleh pelaku usaha yang terindikasi dengan adanya 5.000 katalog produk yang dibagikan sepanjang tahun lalu. “Berkat ekosistem terbuka dan online QR, DANA juga berhasil menggenapkan jumlah merchant online menjadi total 5.000 mitra,” ucapnya.

Sementara itu, guna menyempurnakan berbagai manfaat teknologi inovasi yang dihadirkan sepanjang tahun lalu, DANA juga terus melakukan edukasi berkelanjutan untuk pelaku usaha dan komunitas di berbagai daerah di Indonesia melalui sejumlah inisiatif, seperti DANA Academy, DANA Talk, dan lainnya. Berdasarkan catatan DANA, selama tahun 2021, lebih dari 1.200 pelaku usaha dan komunitas telah mendapatkan edukasi mengenai keuangan digital dan merasakan kemudahan dompet digital DANA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)