Cara Allianz Perluas Pasar ke Segmen Emerging Consumers

Allianz Indonesia memutuskan untuk memperluas segmen market-nya ke emerging consumers, melalui tiga produk asuransinya, produk asuransi jiwa mikro, asuransi kecelakaan diri, serta asuransi jiwa berjangka kumpulan. Strategi Allianz memperluas pasar ke segmen emerging consumers adalah dengan menggelar dua program sekaligus, yakni “Tukar Sampahmu, Lindungi Dirimu” dan “Allianz Uang Duka”.

Perluasan akses perlindungan dan produk asuransi melalui kedua program itu sejatinya merupakan wujud komitmen Allianz Indonesia untuk mendukung program pemerintah dan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dalam meningkatkan penetrasi asuransi, literasi keuangan, serta inklusi keuangan ke berbagai segmen masyarakat Indonesia.

“Kami percaya, kedua program ini bisa membantu masyarakat kelompok emerging consumers untuk memperoleh akses perlindungan asuransi dengan cara yang sangat mudah dan harga yang terjangkau," ungkap Joos Louwerier, Country Manager dan Direktur Utama Allianz Life Indonesia.

Lebih lanjut ia menjelaskan, melalui program “Tukar Sampahmu, Lindungi Dirimu”, Allianz Indonesia melakukan perluasan akses perlindungan asuransi jiwa mikro Sekoci dan perlindungan asuransi kecelakaan diri kepada masyarakat yang menjadi nasabah bank sampah. Program ini memungkinkan nasabah bank sampah mendapatkan perlindungan asuransi dengan cara menukarkan saldo tabungan mereka di bank sampah.

Dalam Program “Tukar Sampahmu, Lindungi Dirimu”, Allianz Indonesia bekerja sama dengan mitra strategis yang menyediakan aplikasi digital MySmash guna mendukung kegiatan operasional Bank Sampah di seluruh Indonesia. Aplikasi tersebut juga berfungsi sebagai kanal distribusi baru untuk memberikan akses perlindungan asuransi jiwa mikro “Sekoci” bagi masyarakat yang menjadi nasabah Bank Sampah. "Untuk asuransi kecelakaan diri, proses pendaftarannya bisa dilakukan secara manual melalui bank sampah, tempat nasabah menabung sampah," lanjutnya.

Sementara itu, program “Allianz Uang Duka”, yang memberikan santunan kematian dari produk asuransi jiwa kumpulan Allianz, dapat diakses masyarakat warga Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW), dan tingkat kelurahan.

Dipaparkan Bianto Surodjo, Chief Partnership Distribution Officer Allianz Indonesia, asas gotong royong dan kekeluargaan sudah menjadi tradisi untuk dijalankan oleh masyarakat warga RT, RW, dan tingkat kelurahan saat salah satu dari warga masyarakat mengalami musibah atau kedukaan.

"Allianz Indonesia melihat hal ini sebagai salah satu kesempatan untuk memperkenalkan akses dan produk asuransi kepada warga melalui proses pengumpulan dana yang kemudian dinamakan program Allianz Uang Duka," ujarnya.

Guna lebih memaksimalkan awareness masyarakat akan asuransi, Allianz Indonesia juga berpartisipasi dalam acara Financial Expo yang dihelat OJK dan melibatkan Lembaga Jasa Keuangan perbankan, asuransi, dan multifinance di Mal Kota Kasablanka Jakarta, pada 17-20 Oktober 2019. Termasuk, berpartisipasi pada perayaan Hari Asuransi yang digelar Dewan Asuransi Indonesia (DAI) di Lapangan Niti Mandala Renon Denpasar Bali, pada 20 Oktober 2019 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)