Categories: News Trend

Cara Elevenia Menjawab Pergeseran Perilaku Konsumen dalam Berzakat

Era digital tak hanya membuat kebiasaan konsumen dalam berbelanja berubah mengarah pada belanja online. Namun, dalam berzakat pun kebiasaan konsumen turut bergeser menuju online.

Merujuk data organisasi penghimpun donasi Rumah Zakat, terungkap bahwa sejak tahun 2015 terdapat pergeseran tren dari masyarakat dalam metode pembayaran zakat. Jika biasanya masyarakat membayarkan zakat dengan bertatap muka, kini mayoritas masyarakat lebih memilih membayar zakat secara online. Tercatat pada 2016, sebanyak 75% dari Rp 230 miliar, zakat yang berhasil dihimpun oleh Rumah Zakat didapat dari donasi dan zakat online.

Donasi atau Zakat online sendiri adalah proses pembayaran zakat yang dilakukan melalui system online/digital, dimana pemberi zakat dan dan penerima zakat tidak perlu bertatap muka dalam melakukan transaksi pembayaran zakat. Sistem online ini diadakan untuk memberikan kemudahan bagi para wajib zakat (muzzaki) dan demi meraih pangsa pasar yang lebih luas karena pelayanan pembayaran zakat dilakukan melalui berbagai metode, baik itu internet banking, e-money, virtual account, EDC, dan yang terbaru adalah melalui platform e-commerce.

Adalah eCommerce Elevenia, sejak tahun 2015 telah dipercaya menjadi salah satu kanal untuk mengumpulan sedekah oleh Rumah Zakat dan Dompet Dhuafa. Seiring dengan berkembangnya tren donasi digital, pada tahun 2017 ini Elevenia mengalami peningkatan jumlah partner lembaga donasi, hingga menjadi tujuh lembaga. Selain Rumah Zakat dan Dompet Dhuafa, lima lembaga lain yang memberikan kepercayaannya kepada Elevenia adalah Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Program Pembibitan Penghafal Al-Quran (PPPA) Daarul Qur’an, Aksi Cepat Tanggap (ACT), SOS Childrens Villages Indonesia, dan Baitul Maal Hidayatullah (BMH).

Diungkapkan Bayu S. Tjahjono, GM Brand & Strategy Elevenia, “Selama tiga tahun terakhir, Elevenia membuka kesempatan berdonasi dan berzakat kepada orang-orang yang kurang beruntung. Melalui program ini, kami ingin menjadi penghubung antara mereka yang memiliki dan mereka yang membutuhkan. Dari tahun ke tahun, terjadi peningkatan lembaga donasi. Seperti di tahun ini, kami menjadi e-commerce yang paling banyak berpartner dengan lembaga donasi dengan bergabungnya tujuh lembaga donasi besar di platform kami.”

Pada tahun ini, ditambahkan Bayu, donatur yang ingin berzakat melalui Elevenia dapat memilih jenis sumbangannya. Di antaranya adalah Syiar Quran, Bingkisan Lebaran, Kado Lebaran bagi anak Yatim, hingga Paket Buka Puasa untuk anak Yatim, dengan tingkatan donasi mulai Rp 25 ribu hingga Rp 360 ribu.

“Kami berharap tahun ini donasi yang terkumpul di Elevenia bisa naik sampai lebih dari 2 kali lipat dibanding dengan tahun lalu. Jika dibanding dengan bulan-bulan biasanya, pengumpulan zakat dan donasi di bulan Ramadan bisa naik sampai hampir 4 kali lipat. Pada tahun ini, kami juga memberikan kemudahan bagi para donatur yang ingin berzakat dengan memilah donasi menjadi berbagai kategori harga dan pilihan paket,” tutupnya.

Dwi Wulandari

Recent Posts

Binus Graduate Program Luncurkan Program Magister Desain

MIX.co.id - BINUS Graduate Program resmi merilis Program Magister Desain demi menjawab dinamika pasar yang…

17 hours ago

Targetkan Pangsa Pasar 27%, Ini Strategi yang Dipersiapkan Allianz Syariah di 2024

MIX.co.id - Penetrasi pasar asuransi syariah di Indonesia masih tercatat rendah, yakni masih di bawah…

17 hours ago

Majukan Fintech P2P Lending, Rupiah Cepat Libatkan Peran Perempuan

MIX.co.id – Perempuan memiliki peran penting dalam industri fintech peer to peer (P2P) lending. Hal…

1 day ago

Q1 2024, Pendapatan Indosat Tumbuh 15,8%

MIX.co.id - Indosat Ooredoo Hutchison mencatatkan total pendapatan sebesar Rp 13.835 miliar, pada kuartal pertama…

1 day ago

“Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program 2024” Jangkau Pelajar hingga Papua

MIX.co.id - Tahun ini, Starbucks kembali menggelar "Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program" (SCYEP). Melalui program…

1 day ago

J&T Express akan Kembali Menggelar “J&T Connect Run 2024”

MIX.co.id - Tahun 2024 J&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global, kembali menggelar J&T Connect Run.…

2 days ago